Sukses

Lifestyle

Tolong, Kucingku Kegemukan! Begini Cara Jitu Turunkan Berat Badannya

Fimela.com, Jakarta Sulit untuk tak jatuh hati pada kucing yang tampak montok dan bikin penampilannya kian menggemaskan. Sayangnya, tak banyak yang memahami jika kelebihan berat badan bisa membawa risiko gangguan kesehatan seperti radang sendi, diabetes, bahkan kanker. Jangan anggap enteng, jajal beberapa cara ini untuk membantu kucing kembali ke bobot idealnya dengan aman.

Cek Terlebih Dahulu

Sebelum menvonis kucingmu kegemukan, lakukan tes sederhana. Saat membelainya, jika tak bisa merasakan tulang kucing atau melihat pinggang kucing dari atas, kemungkinan kucing mengalami kelebihan berat badan. Kalau masih ragu, konsultasikan dengan dokter hewan untuk menentukan apakah kucing kesayangan benar-benar mengalami kegemukan atau tidak.

Ubah Pola Makan Kucing

Sering tak tega saat melihat pandangan penuh iba dari kucing kesayangan saat meminta makanan? Saatnya teguhkan diri dan berhenti memberinya terlalu banyak makanan yang bikin hewan peliharaan jadi kegemukan.

Ubah pola makannya dengan mengurangi asupan kalori, misal beralih ke pola makan yang lebih rendah lemak dan lebih tinggi serat dan air. Jangan lupa juga untuk mengatur porsi makannya secara perlahan, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat juga dapat memengaruhi kesehatan.

Dorong Kucing untuk Berolahraga

Sebelum memberi makanan atau kudapan, buat kucing berolahraga untuk mendapatkannya. Sebarkan cat food di tempat yang berbeda di seluruh rumah, ketimbang memberinya makan di satu lokasi. Bisa juga memberikan tantangan yang harus dilewati kucing untuk mencapai makanannya, seperti menempatkan wadah makanan di lokasi yang lebih tinggi.

Luangkan Waktu untuk Bermain

Yuk, bantu kucing lepas dari jerat obesitas dengan meluangkan waktu untuk bermain dengan menggunakan mainan yang bisa dikejar atau ditangkap. Temukan jenis mainan yang disukai oleh kucing peliharaan, misalnya menggoyang-goyangkan bulu, melepaskan tikus mainan atau mengejar laser pointer. Kombinasi penurunan kalori dan peningkatkan aktivitas fisik ini bisa membantu kucing menurunkan berat badan dan mendapatkan kembali kondisi tubuh yang lebih fit.

Porsi yang tepat dan nutrisi yang seimbang bisa jadi kunci awal menjaga kesehatan kucing kesayangan. Penuh semua kebutuhan nutrisinya seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin dengan memberinya Muezza.

Terbuat dari bahan alami, Muezza diformulasikan dengan nutrisi yang seimbang dan diperkaya asam lemak esensial untuk menjaga kesehatan kulit, bulu hingga metabolismenya. Tersedia dalam 4 varian rasa seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor, Muezza juga sudah dilengkapi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Jaga kesehatan kucing kesayangan dengan menyediakan cat food berkualitas dari Muezza. Segera beli di Shopee maupun Tokopedia yuk!

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

;
Loading