Sukses

Lifestyle

5 Alasan yang Bikin Punya Resolusi dalam Hidup Itu Penting

Fimela.com, Jakarta Resolusi menjadi bagian dari rencana hidup yang biasa disusun saat tahun baru tiba. Jelang akhir tahun, sudahkan resolusimu tahun ini terwujud? Jika belum terwujud akibat pandemi, jangan putus asa. Berharaplah 2021 menjadi tahun yang lebih untuk mewujudkan semua resolusimu.

Resolusi dapat diartikan sebagai ketetapan diri untuk berubah. Keinginan untuk melanjutkan praktik yang baik, mengubah sifat atau perilaku yang tidka diinginkan, untuk mencapai tujuan pribadi atau memperbaiki kehidupan mereka.

Tidak sedikit memang orang yang gagal mewujudkan resolusi yang ditetapkan. Namun bukan berarti menjadikan resolusi itu tidak penting. Meski terus menerus gagal mewujudkan resolusi, tetap penting untuk memilikinya saat menjalani kehidupan.

Berikut alasan mengapa resolusi itu menjadi begitu penting:

1. Bahasa otak

Salah satu fungsi terpenting otak adalah fungsi eksekutif. Ia merupakan sekumpulan kemampuan kognitif yang berkembang untuk memungkinkan seseorang menetapkan dan mencapai tujuan. Fungsi otak inilah yang membuat manusia berbeda dari makhluk lainnya. Manusia mengambil tindakan berdasarkan perencaaan dan resolusinya.

 

2. Kejelasan akan tujuan

Tujuan memberimu arah. Dengan tujuan dalam resolusi akan memungkinkanmu untuk merencanakan jalan ke masa depan. Tanpa tujuan, kamu berisiko membuang-buang waktu, uang energi dengan perasaan bingung dan kewalah.

3. Membuatmu merasa lebih baik

Ahli saraf menemukan bahwa salah satu reaksi emosional paling dasar adalah kebahagiaan melalui pengejaran. Terlibat aktif dalam mengejar tujuan mengaktifkan pusat kesenangan otak.

4. Adanya kemajuan dalam hidup

Seseorang akan mencapai kemajuan dengan melalui penetapan tujuan seperti resolusi. Tujuan mendorong kemajuan dalam sains, pendidikan, kedokteran, kebijakan publik, hukum, dan pemerintahan.

5. Membuat tetap terkoneksi dengan orang lain

Resolusi membuat orang tetap terhubung. Tujuan bersama memicu tempat membangun komunitas. Dari keluarga hingga pertemanan, perusahaan kecil maupun besar, hingga gerakan sosial di seluruh negara. Keberhasilan sebuah negara bergantung pada seberapa besar anggotanya percaya pada resolusi bersama.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading