Sukses

Lifestyle

Creative Fest BCIC 2020: Dukung Pelaku Industri Kreatif Siap Hadapi Krisis

Fimela.com, Jakarta Nggak ada yang pernah membayangkan sebelumnya jika tahun 2020 akan menjadi masa penuh ketidakpastian. Situasi pandemi yang masih belum juga berakhir memberikan dampak secara luas, termasuk dari sektor ekonomi. Banyak pelaku industri kreatif yang terdampak, bahkan nggak sedikit yang gulung tikar. Padahal, keberlangsungan hidup para pelaku usaha ini menjadi tonggak dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Pemerintah pun memberikan berbagai dukungannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya adalah rangkaian program yang digelar oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) yang menyelenggarakan sebuah event istimewa bertajuk Creative Fest Bali Creative Industry Center (BCIC).

Gelaran ini akan berlangsung secara online pada 3-5 Desember 2020. Tema yang diangkat dalam Creative Fest kali ini adalah The Challenge in Uncertainty Era, di mana Ditjen IKMA Kemenperin mengajak agar ekosistem indstri kreatif Indonesia bisa memberikan kontribusinya dalam menghadapi tantangan di era yang penuh ketidakpastian.

Ada serangkaian program Creative Fest yang akan digelar nanti. Mulai dari Awarding IFCA 2020, Graduation Creative Business Incubator 2020, creative talkshow, workshop, hingga pameran produk online yang bisa kamu saksikan di Tokopedia.

Event ini sendiri menjadi penutup dari seluruh rangkaian program yang sudah dilaksanakan oleh Bali Creative Industri Center (BCIC) di tahun 2020. Khusus di tahun ini, BCIC telah melaksanakan beragam program seperti webinar Strategi Bertahan Menghadapi Krisis yang berlangsung di bulan April-Mei 2020. Ada juga program Webinar Strategi Menghadapi New Normal yang diselenggarakan pada Juni 2020. Ada juga serangkaian webinar yang diselenggarakan dalam rangka sosialisasi program Creative Business Incubator 2020 di bulan Juli - Agustus 2020 yang diselenggarakan melalui program Camp dan Coaching. Di akhir acara, ada 30 peserta terbaik yang akan melakukan presentasi di hadapan Investor dan Stakeholders Pengembangan Bisnis Kreatif.

Kompetisi Indonesia Fashion and Craft Award 2020 (IFCA 2020) juga turut meramaikan perhelatan tersebut. Tujuannya adalah untuk mencari desainer muda berbakat yang peka terhadap tantangan era baru dalam menjaga sustainability dalam bidang kriya dan fashion. Pemenangnya mendapatkan berbagai hadiah fantastis, mulai dari uang tunai dengan total hadiah Rp 130 juta serta mendapatkan kesempatan pembinaan lebih jauh lewat Creative Business Incubator dan Business Matching.

Creative Fest 2020 sendiri dimulai pada 3 Desember 2020 dengan workshop strategi bisnis kreatif. Soal pembicara juga nggak tanggung-tanggung, sederet speakers inspiratif dari Universitas Prasetiya Mulya yang berlangsung mulai pukul 11.00 - 15.00 WIB. Workshop ini bisa diakses secara online di platfom Vidio dan Youtube Kementerian Perindustrian.

Business Discussion Series: Menjadi Pengusaha Cerdas di Era Kebiasaan Baru

  • Maksimalkan Potensi Bisnismu dengan Analisis Data
  • Menjadi IKM Handal Dengan Critical Thinking
  • IKM Menuju Level Baru Dengan Investor

Pada tanggal 4 Desember 2020 akan dilaksanakan malam penganugerahan IFCA 2020 dan Kelulusan Creative Business Incubator 2020. Dalam acara tersebut akan diumumkan pemenang kompetisi IFCA yang akan diberikan kepada 6 Desainer terbaik meliputi 3 Desainer terbaik bidang Kriya dan 3 Desainer terbaik bidang Fesyen.

“Melalui Kompetisi IFCA, diharapkan akan menghasilkan Desainer Muda yang mampu memberikan nilai tambah suatu produk dari sisi penampilan maupun fungsi, namun juga dari sisi efisiensi produksi dan meminimalisir dampak negatif ke lingkungan. Melalui desain yang baik, diharapkan bukan hanya akan meningkatkan daya saing produk Industri, namun juga mendorong peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia seutuhnya,” ungkap Gati.

Selain itu juga akan diberikan piagam penghargaan kepada 3 lulusan terbaik Creative Business Incubator sesi Camp dan 2 (dua) lulusan terbaik Creative Business Incubator sesi Coaching. Acara akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara live streaming dan bisa diakses melalui platform vidio.com dan Youtube Kementerian Perindustrian.

Pada tanggal 5 Desember 2020, acara Creative Fest kembali dimulai pada pukul 11.00 WIB. Terdapat 5 Talkshow dan 3 Workshop yang dapat diikuti secara online.

Talkshow:

  • "Kebijakan Pengembangan Industri Kreatif", bersama Direktur UKM KSKIA, E. Ratna Utarianingrum. Turut hadir pembicara dari Bappenas dan Kemenparekraf
  • "Design for Sustainability – IFCA" bersama Alvin T (Founder & Creative Director AlvinT) dan Maria R. Nindita (Founder CSR Sustainability)
  • "Scalling-Up Business" bersama M. Setiawan Kusmulyono (Coach BCIC & Pengajar Universitas Prasetiya Mulya) dan Zaky Gufron (Founder - managing director Hijack Sandals)
  • "Ekosistem Pendukung Industri Kreatif" bersama Putera Dwi Karunia (Co Founder Bro.do) dan Dwi Purnomo (Founder The Local Enablers).
  • "Strategi Inovasi dan Pengembangan Produk Yang Go Global Berbasis Kearifan Lokal” bersama Singgih Susilo Kartono (Founder Spedagi).

Selanjutnya tiga (3) sesi Workshop masing-masing bersama Sweda Silver, BINZU dan Seratan Studio.

Jangan lupa, kamu juga bisa mendukung perkembangan industri Kreatif Tanah Air dengan membeli produk tenant BCIC yang bisa diakses hanya di Tokopedia di halaman Bangga Buatan Indonesia. Dengan begitu, diharapkan kamu bisa berkontribusi dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading