Sukses

Lifestyle

Dari Odading hingga WFH, Ini Sederet Tren Pencarian Google di Sepanjang 2020

Fimela.com, Jakarta Tidak terasa 2020 akan segera berakhir dan kita semua akan segera memasuki tahun 2021. Begitu banyak hal yang terjadi di sepanjang 2020. Ternyata, pandemi Corona yang membuat masyarakat berdiam diri di rumah lebih aktif dalam mencari hobi-hobi baru. Seperti memasak. Hal ini terbukti dari banyaknya key words resep yang dicari masyarakat lewat pencarian Google. 

Dalam rangka menyambut 2021, Google mengumumkan Year in Search 2020 yang menawarkan perspestif unik tentang momen dan tren di sepanjang 2020 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia. Year in Search 2020 ini menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun. Tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran, tren di sepanjang 2020 meliputi banyak bidang, seperti Overall Trending, Apa Itu, Siapa, Bagaimana Cara, Kepergian Tokoh, Resep, Lirik Lagu, Film/TV Series, dan juga Berita. 

“Year in Search menunjukkan bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, danbegitu banyak pertanyaan. Namun, kita bisa melihat bahwa orang Indonesia tangguh dan terus majumenghadapi tantangan dan perubahan ini. Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan beradaptasi, tapikondisi normal baru juga mungkin telah memberikan perspektif baru bagi Indonesia, mendorongkebiasaan baru, meningkatkan keterampilan, hingga menciptakan terobosan.” ujar Fida Heyder, Headof Consumer Apps Marketing Google Indonesia.

Dari Odading hingga Pandemi dan WFH

Pandemi Corona menyebabkan banyak orang Indonesia yang berusaha memahami kabar terbaru. Mulai dari tren Odading, WFH, Omnibus Law, Resesi, hingga Kartu Pra Kerja. Pademi juga mendorong banyak orang Indonesia untuk mencari berbagai kata kunci yang berhubungan dengan pandemi. Seperti "cara membuat hand sanitizer", "cara mendaftar UKM online", "cara menjadi reseller", hingga"cara menjadi YouTuber pemula. 

WFH juga mendorong banyak orang Indonesia untuk belajar lebih banyak soal sekolah daring. Hal ini terbukti dari kueri seperti "Google Classroom","apa itu kuota belajar", "cara masuk ke Google Classroom."

Masyarakat juga banyak yang mencari hobi baru di tengah PSBB dan selama pandemi melanda. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang mencari "sepeda lipat," "lagu olahraga terbaik," "resep odading," hingga berbagai pencarian soal Cara. Adapun beberapa pencarian Cara antara lain Cara Daftar UMKM, Cara Menjadi Reseller, Cara Membuat Hand Sanitizer, dan lain-lain.

Kamu juga juga bisa melihat Google Year In Search di dunia lewat google.co.id/2020. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
Lebih Aman dan Sederhana dengan Teknologi Tanpa Sandi
Artikel Selanjutnya
Jelajah Data Ilmiah Tentang Iklim dengan Seni di Hari Bumi