Sukses

Lifestyle

Survei Buktikan Punya Gaji di Bawah Rp5 Juta, Perempuan dan Laki-Laki Punya Pilihan Pembelian Aset yang Berbeda

Fimela.com, Jakarta Jika memiliki gaji di bawah Rp5juta perbulan, kira-kira kamu akan memilih membelanjakan aset apa? Rumah? Mobil? atau Tanah?

Perilaku keuangan dan konsumsi masyarakat Indonesia berubah seiring dengan terjadinya pandemi COVID-19. Menurut survei yang digelar oleh Lifepal, sebagian respondennya ingin menyimpan dana di rekening tabungan daripada digunakan belanja. Keinginan untuk membeli aset properti atau kendaraan pribadi pun tidak sampai 50%.

Survei ini sendiri dilakukan kepada 400 responden dengan metode random sampling. Responden pun dikategorikan berdasarkan penghasilan yang dimiliki, seperti 3% responden memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan, 40,4% berpenghasilan Rp 5 hingga 10 juta, 29,3% berpenghasilan Rp 10 hingga Rp 20 juta per bulan, dan 17,3% dengan penghasilan Rp 20 juta ke atas per bulan.

Dari survei yang dilakukan, sebagian responden masih memilih rumah sebagai aset properti yang ingin dibeli. Namun hanya sebesar 46,9% saja yang memiliki keinginan tersebut. Sisanya, lebih memilih membeli tanah, apartemen, kendaraan mobil, dan motor.

 

 

 

Perempuan dan laki-laki punya pilihan aset yang berbeda

Jika dilihat berdasarkan penghasilan, hasil survei ini menunjukkan ketertarikan membeli aset properti maupun kendaraan didominasi oleh responden berpenghasilan di bawah Rp5juta perbulan dan yang berpenghasilan Rp5juta - Rp10juta perbulan.

Sementara jika dilihat dari gender, responden laki-laki menjadi sangat dominan dalam keinginan memiliki rumah, tanah, maupun apartemen. Sedangkan responden perempuan lebih tertarik membeli mobil. Di mana 31,1% reseponden memilih membeli mobil, sementara laki-laki hanya 29,8%.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading