Sukses

Lifestyle

4 Cara Menaikkan Omzet Bisnis di 2021 Hanya Lewat Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Kondisi sulit dialami oleh banyak pemilik bisnis di masa pandemi, terlebih UMKM. Tekanan yang dirasakan berdampak pada penurunan omzet bagi pelaku bisnis hingga 72,6% berdasarkan data yang dihimpun Bitlabs.

Krisis bisnis yang dihadapi selama COVID-19 menjadi situasi yang tidak pasti karena jumlah kasus terus bertambah yang membuat laju perekonomian melambat. Menurut CEO Bitlabs Academy Eric Handoyo pelaku bisnis harus memikirkan strategi untuk beradaptasi dengan situasi yang ada. Dengan demikian omzet bisnis dapat meningkat meski menghadapi situasi krisis.

Salah satu adaptasi yang perlu dilakukan adalah adaptasi dengan teknologi yang canggih seperti menyadari keberadaan marketplace dan media sosial. Lewat teknologi, segala aktivitas bisnis menjadi lebih mudah. Bitlabs pun memiliki tips menarik untuk dapat meningkatkan omzet bisnis di 2021.

1. Riset tren produk

Penting untuk mengetahui apakah produk yang akan dipasarkan menjadi produk yang dicari banyak orang atau tidak. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari upaya yang sia-sia apabila ternyata produk yang kamu pilih tidak ada peminatnya. Produk yang tepat juga butuh perencanaan harga jual sehingga membantu untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah tanpa harus takut rugi dalam biaya promosi.

 

2. Maksimalkan marketplace

Marketplace menjadi salah satu wadah terbaik bagi para pemula untuk berbisnis online. Terdapat cara-cara yang tepat untuk menggunakan marketplace, misalnya perlu memilih judul penjualan produk yang banyak dicari, menggunakan iklan di marketplace, serta menggunakan gambar yang kredibel dan meyakinkan. Sehingga ini akan menarik konsumen meski harga jual yang dibanderol lebih tinggi dibandingkan lapak lainnya.

3. Kreativitas marketing di Instagram

Instagram menjadi media soail populer sebagai wadah bagi bisnis. Akses dan tampilan yang mudah membuat Instagram bisa jadi sarana awal untuk bisnis. Namun perlu cara yang tepat untuk memaksimalkan Instagram ini. Seperti membuat nama akun yang sesuai, unik, dan menarik; riset konten yang akan dibuat; dan gunakan hashtag yang tepat.

4. Bentuk strategi sebelum membuat website

Membuat website untuk bisa dikunjungi banyak orang juga butuh strategi yang tepat. Mulai dari pencarian nama website dan mau memberikan data, seperti email atau nomor telepon. Hal ini penting karena adanya data-data sekaligue menawarkan produk lain tanpa harus mengeluarkan biaya promosi. Selain itu, kecepatan website yang ringan dibuka serta kata kunci yang tepat sasaran.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading