Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Kisah Nova Prastika, Pengusaha Oleh-Oleh yang Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Tahun 2020 merupakan momentum menantang bagi banyak orang. Apalagi bagi para pengusaha. Tak sedikit yang merelakan bisnisnya untuk gulung tikar akbat pandemi Covid-19.

Seperti yang kita tahu jika pandemi virus corona Covid-19 mematikan banyak sektor, salah satunya pariwisata. Sejak Maret 2020, industri ini mengalami 'mati suri' sehingga membentuk efek domino kepada usaha lainnya yang berkaitan, salah saatunya oleh-oleh. Untuk bertahan, diperlukan pemikiran matang yang bisa jadi solusi agar tetap bisa untung di tengah badai yang melanda. Nova Prastika menjadi salah satu contoh sosok yang sukses mempertahankan bisnsnya.

"Bisnis oleh-oleh ini sempet drop karena wisata banyak yang tutup selama pandemi Covid-19. Kita kan selama ini kerjasama dengan travel dan tour, itu banyak yg cancel," terang Nova.

"Kita harus pinter-pintar mensiasatinya. Kalau offline tidak laku ya kita pindah ke online. Kita bikin paket promo-promo menarik dengan menggelar diskon," lanjut wanita kelahiran Jombang itu.

Beruntung setelah menggenjot penjualan online, bisnis oleh-oleh milik Nova mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.

 

Beradaptasi dengan keadaan

"Meski pandemi orang-orang kan butuh makan. Mereka bisa pesan online kalau kangen oleh-oleh dari Jawa Timur. Kami menyediakannya lengkap. Dengan memanfaatkan marketplace, masyarakat juga bisa mendapatkan banyak promo menarik."

Perlu diketahui jika toko oleh-oleh milik Nova menyediakan beragam makanan khas dari Jawa Timur. "Paling laku sekarang yang khas kaya ada apel-apelnya mulai dari pie, kripik hingga dodol. Kripik buah dan dodol susu juga banyak yang cari," imbuh Nova. Dengan kegigihannya, usaha oleh-oleh milik Nova berhasil bertahan hingga saat ini.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading