Sukses

Lifestyle

Tips Berlibur Akhir Tahun yang Aman di Tengah Pandemi

Fimela.com, Jakarta Akhir tahun pasti identik dengan momen liburan yang sayang jika dilewatkan. Namun, saat pandemi masih berlangsung, sepertinya kamu perlu berpikir ulang untuk bepergian karena pastinya kondisi diluar rumah amat berisiko. Bahkan, momen akhir tahun ini cukup meresahkan semua pihak karena adanya dilema antara berlibur dan tetap menahan diri di rumah.

Nah, bagi kamu yang berkeinginan untuk berlibur di akhir tahun, pastinya perlu tahu tips-tips berlibur yang aman ditengah pandemi. Dengan mengetahui tipsnya, kamu jadi bisa memperhatikan hal-hal kecil yang akan membuatmu aman selama berlibur, pastinya tidak jauh dari protokol kesehatan juga.

Hal ini karena situasi-situasi rawan akan kamu hadapi selama perjalanan liburan berlangsung. Misalnya ketika menaiki kendaraan umum seperti, bis atau kereta api. Bisa saja tanpa kamu ketahui disekitarmu akan ada orang yang terinfeksi dan tanpa sengaja menularkannya padamu.

Nah, untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan tips berlibur akhir tahun yang aman ditengah pandemi. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Berusaha Menghindari Percikan Air Liur

Tips berlibur akhir tahun yang aman pada urutan pertama ialah menghindari percikan air liur saat berbicara dengan selalu menggunakan masker. Namun, masyarakat juga harus memahami masker apa saja yang disarankan serta tak disarankan untuk digunakan.

Masker berbahan kain dengan dua lapisan sendiri diketahui hanya melindungi sekitar 70 persen saja. Sedangkan masker medis mampu melindungi 80-90 persen. Jenis masker yang sangat disarankan dan aman ialah masker N95. Sedangkan masker yang tidak disarankan ialah masker scuba. Pasalnya, masker scuba terbuat dari satu lembar kain yang cukup tipis.

Menghindari Kerumunan

Berikutnya, tips berlibur yang kedua ialah menghindari kerumunan. Saat akhir tahun tiba, pasti semua orang ingin berlibur dan hal tersebut perlu kamu waspadai karena bisa saja kamu berada dalam kerumunan yang berisiko tinggi tertular virus corona.

Sosial distancing dan physical distancing memang perlu dilakukan selama pandemi COVID-19. Oleh karena itu, saat berlibur sebaiknya kamu menghindari tempat yang ramai hingga tak bisa berjarak antara satu dengan lainnya. Sebaiknya, kamu juga mengunjungi destinasi wisata yang tak padat untuk mengurangi potensi penularan virus corona.

Memperbaharui Informasi Zonasi Tempat Wisata

Ketiga, tips berlibur akhir tahun yang aman ditengah pandemi selanjutnya ialah kamu harus memperhatikan status zonasi di tempat wisata yang akan kamu tuju. Status zona hijau merupakan status yang relatif aman untuk berlibur.

Kamu juga bisa melihat stastus zonasi apakah hijau, kuning, oranye atau merah pada laman resmi COVID-19 maupun pemerintah setempat. Dengan terus memperbaharui informasi zonasi atau status zonasi tempat wisata, kamu jadi bisa lebih waspada sekaligus mempertimbangkan ulang untuk datang kesana.

Memilih Tempat Wisata Outdoor

Salah satu tips liburan ditengah pandemi yang perlu diperhatikan ialah memiliki destinasi wisata. Pilihlah destinasi wisata ditempat terbuka atau outdoor. Mulai dari pantai, air terjun, ataupun pegunungan.

Dengan memilih wisata outdoor, pastinya space atau tempat wisata akan lebih luas dan lebih aman sehingga tidak menyebabkan kerumunan yang bisa menyebabkan kluster baru penyebaran virus corona.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Terakhir, tips berlibur akhir tahun yang aman ditengah pandemi ialah dengan selalu menjaga kesehatan. Sebelum melakukan perjalanan liburan, pastikan jika kondisi tubuh sedang sehat.

Mengonsumsi makanan bergizi serta multivitamin juga cukup dianjurkan. Bukan hanya sebelum liburan saja, tapi selama masa liburan ditengah pandemi kamu juga harus memastikan kondisi tubuh tetap bugar.

;
Loading