Sukses

Lifestyle

6 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Bakal Langgeng

Fimela.com, Jakarta Komunikasi merupakan pondasi dari sebuah hubungan. Termasuk hubungan asmara yang sangat serius, baik sebelum maupun sesudah menikah. Banyak pasangan yang berdalih mereka sudah berusaha untuk berinteraksi dan menjalani komunikasi yang baik. Namun, kalau sekadar "Makan apa?" dan "Lagi ngapain?" saja sebenarnya tidak cukup. 

Bahkan, komunikasi yang baik, lancar, dan efektif saja tidak cukup untuk membuat sebuah hubungan asmara berjalan dengan awet hingga ajal memisahkan. Pasalnya, menurut Psikolog dan Analis Perilaku Manusia Annie Tanasugarn, PhD, akan selalu ada rintangan dalam setiap hubungan. Dan, bagaimana cara kamu dan pasangan menghadapi serta menyelesaikan masalah tersebutlah yang akan menentukan langgeng atau tidaknya hubunganmu. 

Dalam artikelnya yang diterbitkan Medium.com berjudul "Signs Your Relationship Will Last: Making Adversity Your Best Friend," Annie menekankan kalau kemalangan atau kesulitan yang menimpa sebuah hubungan bentuknya bermacam-macam. Dan setiap pasangan pasti menemukan batu sandungan. 

Ada masalah yang hanya memengaruhi kamu atau pasangan saja. Misalnya, salah satu orangtuamu meninggal dan pasanganmu akan memberikan dukungan dan bantuan agar kamu bisa terus melanjutkan hidup. Dengan kata lain, akan lebih mudah untuk menghadapi masalah yang hanya memengaruhi salah satu pihak. Namun, bagaimana dengan masalah yang secara langsung memengaruhi kamu dan pasangan sekaligus? 

Tentu, masalah seperti ini akan menjadi lebih sulit untuk dihadapi. Namun, ada 6 kunci yang harus kamu terus ingat agar hubuganmu tetap langgeng dan cinta terus merebak di antara kamu berdua. 

6 Hal Penting yang Membuat Pasangan Langgeng

Menurut Annie, cara terbaik untuk membuat hubunganmu langgeng adalah dengan menghindari beberapa kesalahan. Seperti mengabaikan masalah. 

"Kesalahan terbesar dalam sebuah hubungan adalah: mengabaikan hubungan antara kamu berdua ketika masalah timbul dan menjadi besar, saling mengabaikan dan memutuskan komunikasi, saling menyalahkan, saling mempermalukan, mengulang kembali masa lalu, mengabaikan kebutuhan paling mendasar pasangan, menolak untuk bertanggung jawab, dan adanya ketidakseimbangan kekuasaan," jelas Annie. Berikut 6 hal terpenting agar hubunganmu tetap langgeng meski banyak cobaan yang kamu hadapi bersama.

  1. Bicarakan apa pun yang menimpa dirimu dan pasangan. Obrolan yang bersifat terbuka dan jujur sangat penting. Juga, selalu bicarakan masalah dan keinginanmu sedini mungkin dan lebih sering. 
  2. Empati sangat penting. Kamu harus bisa merasakan apa yang dirasakan pasanganmu. Tapi bukan berarti kamu menuntut pasangan untuk mengerti kamu tanpa membicarakan perasaan dan apa yang kamu pikirkan. 
  3. Fokus akan waktu sekarang. Bicarakan soal perasaanmu, pemikiranmu, dan apa yang kamu dan pasangan inginkan. Jangan sampai kamu terjebak di masa lalu. 
  4. Masalah akan terus berdatangan. Namun, kamu harus ingat apa yang menjadi alasan kamu jatuh cinta dengannya. Apa yang membuatmu ingin tetap terus berjalan beriringan dengannya. Jika keadaan memburuk, pastikan kamu dan pasangan selalu ingat momen-momen bahagia dan alasan mendasar kenapa kamu saling mencintai satu sama lain. 
  5. Tidak ada orang yang sempurna. Memaafkan kesalahanmu dan dia bisa menjadi langkah kecil pertama untuk terus berjalan menuju masa depan yang lebih baik. 
  6. Bicarakan soal batasan di awal-awal kamu menjalin hubungan. Batasan ini bisa berupa apa saja, termasuk ruang pribadi, privasi, tingkat kenyamanan kita sendiri, kedekatan fisik, atau rasa aman dalam hubunganmu dengannya. 

Jika kamu dan pasangan menerapkan 6 hal ini, maka hubunganmu kemungkinan akan langgeng. Paling tidak, kamu dan pasangan akan memiliki hubungan yang sehat, hangat, dan penuh cinta. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading