Sukses

Lifestyle

Sambut Tahun Baru 2021 dengan Pola Makan Sehat a la Plant-Based Food

Fimela.com, Jakarta Berbicara soal akhir tahun, resolusi menjadi salah satu yang paling banyak dibicarakan orang. Pola hidup sehat nampaknya menjadi salah satu topik yang menjadi resolusi tahun baru 2021. Seperti pola makan sehat plant-based food yang juga menjadi tren di tahun depan. 

Pola makan ini juga disebut dengan flexitarian diet, dimana kamu akan mengonsumsi sebagian besar makanan nabati dengan meminimalkan asupan daging tanpa mengecualikan sama sekali. Jadi, kamu tetap bisa mengonsumsi ayam, daging, ikan, dan olahan susu tetapi porsinya tidak lebih banyak dari makanan nabati

Menurut ahli diet Dawn Jackson Blatner, pola makan flexitarian-diet dapat membantu kita dalam memperoleh manfaat dari pola makan vegetarian seraya tetap menikmati produk hewani secukupnya. Tren ini bukan hanya berangkat dari masalah kesehatan tetapi juga dari faktor lingkungan dan kesejahteraan hewan. 

Secara global, industri makanan terus-menerus memperkenalkan plant-based meat dan produk non-susu baru ke pasar, memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen ketika menerapkan flexitarian-diet. Plant-based meat dibuat sangat mirip dengan daging hewani, tetapi memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dan tidak mengandung kolesterol berbahaya. Hal ini didukung senada dengan jurnal penelitian terbitan American Heart Association, mengonsumsi daging nabati dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi, kanker, dan diabetes.

COVID-19 juga menjadi salah satu faktor tren ini akan merebak. Riset yang dirilis FMCG Gurus pada Juli 2020 lalu menunjukkan kalau pandemi telah mendorong sebanyak 95% konsumen Indonesia melakukan berbagai upaya untuk tetap sehat. Juga, 47% konsumen Indonesia menyatakan kalau mereka berencana memasukkan lebih banyak makanan nabati ke dalam pola makan mereka agar tetap sehat. 

Daging Nabati

Tren ini juga didukung semakin banyak restoran cepat saji yang menyajikan makanan-makanan berbahan dasar nabati. Seperti KFC, McDonald's, Dunkin Donuts, dan Burger King yang memperkenalkan daging nabati ke dalam menu mereka. 

Daging nabati ini mirip dengan daging hewani dalam segi rasa, tekstur, dan penampilan. Namun, bahan-bahan yang digunakan adalah nabati. 

Maraknya tren nabatijuga terlihat dari kemunculan restoran vegan seperti Burgreens Eatery, Bluezone,Dharma Kitchen, iVegan Pizza di Jakarta.

 

#changemaker

Simak Video Berikut

Loading