Sukses

Lifestyle

6 Cara Mengatasi Kebiasaan Terbangun di Tengah Malam

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu sudah tertidur pulas, pernahkah terbangun di tengah malam dan tidak bisa kembali tidur? Padahal tubuh terasa lelah dan butuh istirahat panjang tidak membuat tubuh kembeli tidur dengan mudah setelah terbangun.

Dilansir dari Purewow, terbangun di tengah malam adalah kondisi yang normal. Bahkan itu bisa terjadi beberapa kali dalam seminggu. Dalam sebuah studi pada 2008, 23 persen orang menggambarkan setidaknya terbangun satu kali setiap malam. Lebih dari 35 persen setidaknya terbangun tiga kali seminggu.

Terbangun di tengah malam bisa menjadi kebiasaan yang membawa manfaat buruk bagi tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, simak beberapa cara berikut ini.

1. Teknik kontrol stimulus

Bangun dari tempat diru dan duduk di kursi. Bacalah buku atau majalan selama lima menit. Metode ini disebut teknik kontrol stimulus dan merupakan strategi efektif untuk insomnia.

 

2. Anggap itu normal

Daripada panik karena selalu terbangun di tengah malam, lebih baik anggap itu sebagai sesuatu yang normal. Luangkan waktu sejenak dan ketakan pada diri sendiri bahwa terbangun di tengah malam itu normal. Rata-rata siklus tidur memakan waktu 90-120 menit. Jadi bangun beberapa kali bukanlah hal yang membuat stres.

3. Jangan andalkan obat tidur

Kebanyakan orang langsung mengonsumsi obat tidur saat terbangun di tengah malam dan susah tidur. Obat tidur hanya menutupi masalahnya bukan mengatasi. Lebih baik konsumsi suplemen melatonin. Terutama jika kamu mencoba kembali ke rime normal setelah perjalanan ke luar negeri.

 

4. Turunkan suhu ruangan

Seorang ahli menyarankan untuk menurunkan suhu ruangan agar bisa membantu tubuh tertidur. Tubuh perlu menurunkan suhunya untuk memulai tidur. Gunakan pakaian tidur yang nyaman, turunkan suhu ruangannya, dan biarkan tubuh tertidur dengan sendirinya.

5. Mendengarkan cerita sebelum tidur

Jika anak-anak kerap terlelap setelah mendengarkan dongeng, hal yang sama berlaku untuk orang dewasa. Kamu bisa memanfaatkan buku audio mini dengan suara yang menenangkan untuk melatih tubuh masuk ke mode istirahat. Ada beberapa cerita audio yang kamu dapatkan di aplikasi dan dengarkan hingga tertidur.

6. Bayangkan kamar tidur di masa kecil

Cobalah mengingat setiap detil dari kamarmu di waktu kecil. Mulai dari wallpaper, perabotan, hingga barang-barang yang pernah kamu miliki di kamar. Saat kamu tidak memikirkan sesuatu hal yang membuatmu stres, tubuh akan lebih cepat mengantuk.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading