Sukses

Lifestyle

7 Tips Diet untuk Mencapai Resolusi 2021 Turun Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Turun berat badan jadi resolusi 2021 kamu? Bisa jadi kamu telah memulainya sejak tahun lalu, di mana mulai rutin mengonsumsi makanan rumahan dan lebih ekstra dalam menjaga kesehatan.

2020 menyadarkan kita jika kesehatan adalah yang utama dan prioritas di atas segalanya. Jadi, jangan sampai membuat resolusi tak realistis tapi berjanjilan pada diri sendiri untuk fokus pada kesehatan dan well-being kita.

 

Dimulai dengan sehat pikiran, jiwa, dan raga, kita bisa lebih fokus dan mendapat bonus untuk mendapatkan berat badan ideal. Berikut 7 tips diet untuk turun berat badan secara sehat melansir dari food.ndtv.com;

1. Mulailah dari yang kecil 

Perubahan adalah hal paling sulit dilakuan, jadi jangan membuat tujuan yang sulit dicapai namun mulailah realistis dengan langkah paling mudah.

Tetapkan tujuan kecil yang dapat kita lakukan seperti berjalan setiap setengah jam duduk, makan dua jenis buah setiap hari, atau tidak makan lagi di atas jam 9 malam. Cobalah selama 21 hari dan lanjutkan dalam tiga bulan untuk menjadi gaya hidup.

2. Makan tepat waktu

Makan pada waktunya berdampak besar pada kesehatan. Cobalah makan pada waktu yang sama setiap hari yang akan membantu mengontrol siklus lapar atau kenyang secara efisien. Sebab itu kita perlu kerja sama dengan jadwal.

3. Makan dengan benar

Banyaknya informasi justru membuat kemungkinan kita mendapatkan disinformasi. Sebenarnya makan dengan benar itu sederhana, carilah sesuatu yang segar, baik musiman dan lokal yang biasa dikonsumsi ibu dan nenek kita. Makanan tradisional menjadi yang paling tepat dan sesuai dengan daerah kita, tinggal memilih kualitas dan kuantitas yang tepat.

4. Porsi

Ini tergantung pada tingkat aktivitas, usia, jenis kelamin, dan tujuan kesehatan individu. Bahkan makanan sehat pun harus dikonsumsi sesuai takaran dan tidak boleh berlebihan. 

Pelajari seberapa banyak kita membutuhkannya. Dan tak ada salahnya jika sesekali menikmati burger atau pizza favorit selama tahu batasan porsinya.

 

5. Tinggalkan timbangan

Berat badan menjadi faktor risiko penting untuk penyakit gaya hidup. Janganlah setiap hari menimbang, jika harus, ukur berat badan setiap 15 hari sekali. Sebab lebih penting mengetahui tingkat energi dan apakah tubuh terasa lebih sehat daripada bobot badan.

 

6. Pikiran yang sehat

Pastikan tidur selama 6-8 jam setiap hari karena tubuh membutuhkannya. Otak butuh istirahat selain tidur nyenyak secara teratur.

Belajar untuk bermeditasi, menjalani hobi, membaca buku atau mendengarkan musik sebagai 'me time'. Karena akan membantu menyegarkan otak dan mempersiapkan tantangan baru tanpa mempengaruhi kesehatan.

 

7. Workout setiap hari

Tidak perlu pergi maraton atau ke gym, cukup jalan cepat setengah jam dan aktif secara fisik setiap hari untuk membakar kalori. Pekerjaan rumah seperti mencuci, menyeterika, dan mengepel juga bisa menambah kesehatan. Ingatlah untuk memulai perlahan selangkah demi selangkah untuk mencapai tujuan turun berat badan.

Loading