Sukses

Lifestyle

Daftar Daerah Tunda Sekolah Tatap Muka 2021 dan Tips Bagi Orang Tua Mempersipkan Anak Kembali Sekolah Online

Fimela.com, Jakarta Semester genap Tahun Ajaran Baru akan segara dimulai. Anak-anak pun akan kembali bersekolah di tengah Pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Kemendikbud telah mengizinkan beberapa daerah untuk sekolah tatap muka di tengah pandemi ini. Beberapa sekolah pun sudah melakukan persiapkan seperti membagikan masker kepada siswa/i nya.

Namun memasuki tahun baru 2021, jumlah pasien positif covid 19 terus mengalami peningkatan. Data dari Satuan Tugas Penangan Covid-19, pada Minggi (3/1/2021) ada penambahan 6.877 orang terkonfirmasi positif virus corona.

Melihat situasi tersebut, pemerintah pun membatalkan sekolah tatap muka dan kembali sekolah online untuk tahun ajaran baru. Berikut ini beberapa daerah yang membatalkan pembelajaran tatap muka di tahun 2021.

1. DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta tetap memberlakukan kebijakan belajar dari rumah untuk seluruh sekolah pada semester genap tahun ajaran (TA) 2020/2021 karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan, kesehatan dan keamanan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi prioritas yang utama di masa pandemi ini.

Kendati demikian, Nahdiana menuturkan pihaknya akan terus melakukan persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dalam mempersiapkan rencana pembelajaran tersebut.

2. Kubu Raya, Kalbar

Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya, Kalbar pun membatalkan sekolah tatap muka. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya Muhammad Ayub mengatakan, tatap muka di sekolah yang semula direncanakan mulai 4 Januari 2021, terpaksa kembali ditunda.

Sebelum sampai kepada keputusan untuk menunda pembelajaran tatap muka, Ayub mengaku pihaknya telah membuat skenario dan berbagai persiapan berdasarkan keputusan bersama empat menteri yang membolehkan pembelajaran tatap muka.

3. Depok

Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pendidikan membatalkan sekolah tatap muka yang rencananya mulai digelar pada Januari 2021 mendatang. Pembatalan tersebut dikarenakan Kota Depok masih mengalami perubahan status zona.

4. Kabupaten Karawang

Kasus virus corona pun masih tinggi di Karawang, Jawa Barat. Situasi ini membuat Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memutuskan tidak membuka kegiatan sekolah tatap muka.

5. Kota Tangerang

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menunda sekolah tatap muka hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran 420/5805-Disdik tentang Penundaan Kegiatan Belajar Mengajar Tatap Muka di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

6. Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memutuskan menunda pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka. Keputusan itu tertuang dalam surat edaran bernomor 445/0017480 yang ditujukan kepada Bupati/Wali Kota terkait antisipasi peningkatan COVID-19 di daerah-daerah di Jawa Tengah.

7. Denpasar

Pemerintah Kota Denpasar menunda pembelajaran tatap muka hingga Bulan Maret 2021. Hal itu, dilakukan karena kasus Covid-19 di sana masih tinggi.

8. Solo

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menunda Pembelajaran Tatap Muka (PTM), yang rencana semula akan dilaksanakan awal 2021 mendatang. Penundaan pada satuan pendidikan PAUD hingga Pendidikan Masyarakat (Dikmas) tersebut sesuai surat edaran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo nomor 445/001748.

9. Yogyakarta

Sekolah-sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum akan memulai sekolah tatap muka pada Januari ini, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta DIY.

Alasannya, perkembangan Covid di DIY masih mengkhawatirkan.

Tips Sekolah di rumah menyenangkan

Penundaan sekolah tatap muka tentu membuat orang tua kembali berfikir keras agar anak tetap berkonsetrasi dalam mengikuti pembelajaran di rumah. Berikut ini Fimela memberikan tips dan triknya.

1. Rencanakan target belajar anak

2. Tetap melakukan ritual sekolah biasanya, seperti bangun pagi, mandi, sarapan.

3. Perbanyak sabar sebagai orang tua.

4. Pelajari kekuatan dan kelemahan anak

5. Gunakan metode belajar yang ia sukai guna membuatnya tetap tertarik dengan kegiatan belajar.

6. Manfaatkan aplikasi, gunakan aplikasi agar anak tertarik daripada metode belajar konvensional, seperti di sekolah.

7. Memastikan semua peralatan pendukung belajar online siap untuk digunakan dan pilih spot yang nyaman untuk memulai kegiatan sekolah online.

#changemaker

;
Loading