Sukses

Lifestyle

Tahun Baru Bebas Utang? Bisa Kok, Ikuti Cara Mudah Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Utang seperti kata yang tak ada habisnya. Apalagi seperti saat ini, banyak orang yang mementingkan gaya hidup sehingga mereka terpaksa harus terlilit utang. Padahal, keuangan yang sehat haruslah seimbang.

Antara pemasukan dan pengeluaran harus selaras. Bahkan, jangan sampai utang mengganggu keuangan kamu. Jadilah seseorang yang bebas utang di tahun 2021. Bukan hanya impian, namun kamu bisa mewujudkannya dengan cara berikut ini.

1. Prioritaskan Lunasi Utang dengan Bunga Tinggi

Utang dengan bunga yang tinggi tentu jadi musibah. Oleh sebab itu, pastikan kamu segera melunasinya dengan jadikannya prioritas. Fokus pada penghematan, dan segera lunasi. Jika ada uang lebih jangan pakai untuk bersenang-senang, alokasikan langsung ke utang dengan bunga tinggi tersebut.

2. Bikin catatan pemasukan dan pengeluaran

Setiap bulan, selalu cek laporan keuangan kamu. Lihat rinciannya dan pos mana yang ternyata keluar lebih besar. Catat secara detail seperti aktivitas rekreasi, hingga pengeluaran inti, sehingga kamu bisaa degan cermat mengatur keuangan.

3. Buat anggaran

Buat anggaran dengan prioritaskan pada pelunasan hutang. Hilangkan biaya yang tidak perlu, dan alokasikan ke anggaran untuk membayar hutang, sehingga kamu cepat menyelesaikannya.

4. Cari pekerjaan tambahan

Jika pekerjaan utama tidak cukup untuk membayar kebutuhan kamu. Maka saatnya untuk mencari pekerjaan tambahan. Sesuaikan dengan skill yang kamu miliki, sehingga kamu bisa melakukannya tanpa beban berlebih.

5. Jangan menunda pembayaran

Jika dana sudah tersedia, maka selalu prioritaskan untuk membayar utang yang harus dibayar. Jangan sampai kamu justru menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan lain, yang menyebabkan utang tak kunjung selesai.

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading