Sukses

Lifestyle

5 Urutan Membuat Telur Asin Bebek yang Mudah dengan Air Garam

Fimela.com, Jakarta Telur asin adalah lauk yang biasanya terbuat dari telur bebek. Telur asin ini bisa dinikmati dengan cara di rebus atau diolah menjadi berbagai macam lauk, yang sangat mudah untuk dibuat.

Agar telur bebek berubah menjadi telur asin, bisa diolah dengan cara merendam telur bebek dengan air garam, yang didiamkan dalam toples rapat selama beberapa hari.

Telur asin memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Agar telur asin tidak mudah busuk dan bisa bertahan lama, yuk intip urutan membuat telur asin bebek dengan air garam, dilansir dari Brilio.net:

Manfaat Telur Asin Bebek

Banyak pecinta kuliner yang sangat menyukai telur asin yang terbuat dari telur bebek. Telur asin ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan dibawa keluar kota, karena awet dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Telur asin memiliki kandungan gizi dua kali lipat daripada telur biasa, dengan isi kandungan vitamin A, vitamin B komples, lemak, potasium, protein, mineral, asam amino, vitamin E dan karbohidrat.

Sehingga telur asin yang terbuat dari telur bebek ini, memiliki manfaat untuk mencegah anemia, membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan perkembangan otak, menjaga kesehatan tulang, mencegah darah tinggi dan menjaga kesehatan kulit.

Urutan Membuat Telur Asin

Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat telur asin, salah satunya adalah membuat telur asin dengan merendamnya di air garam. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur asin ini adalah 1 liter air, 1 buah toples, 12 butir telur bebek dan 500gram garam. Berikut urutan membuatnya:

1. Rendam di Air

Sebelum merendam di air garam, rendamlah telur bebek di air biasa terlebih dahulu selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung, buanglah telur tersebut, karena telur itu rusak dan kurang bagus untuk dikonsumsi.

2. Larutkan Garam

Urutan kedua adalah melarutkan garam dengan air, lalu menuangkan air garam di dalam toples yang tertutup rapat, agar terhindar dari udara atau sinar matahari yang masuk.

3. Tata Telur dalam Toples

Setelah air garam masuk ke dalam toples, masukkan 12 butir telur bebek ke dalam toples, berikan jarak sekitar 2 cm pada telur, dan pastikan telur terendam di dalam air garam.

4. Biarkan Selama Beberapa Hari

Jika telur sudah terendam di dalam air garam, tutup toples hingga rapat dan pastikan tidak terkena cahaya matahari. Lalu biarkan telur difermentasi selama 12 hari atau salama 42hari, agar hasilnya lebih enak dan gurih.

5. Rebus atau Kukus Telur Bebek

Setelah melalui proses fermentasi, telur bebek bisa di rebus dengan api kecil selama 1 jam, atau di kukus selama 1 jam agar telur matang dan tahan lama.

Resep Tofu Saus Telur Asin

Selain bisa dinikmati secara langsung, telur asin juga bisa dinikmati dengan cara diolah menjadi saus untuk dressing hidangan lainnya, seperti tofu saus telur asin.

Bahan yang diperlukan:

  • 2 bungkus tofu
  • 4 kuning telur asin
  • 100 ml susu
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • Kaldu jamur dan merica secukupnya
  • Daun bawang dan cabai bubuk untuk taburan
  • Margarin atau minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Iris tofu dan goreng sampai berkulit, sisihkan.
  2. Campurkan kuning telur dengan sebagian susu, lalu haluskan dengan sendok.
  3. Tumis bawang putih hingga harum dan tambahkan kuning telur yang sudah di haluskan.
  4. Tambahkan sedikit kaldu jamur, masukkan sisa susu dan aduk hingga kuning telur asin meleleh dan mendidih.
  5. Masukkan tofu goreng dan aduk rata.
  6. Sajikan dengan taburan daun bawang atau bubuk cabai.
;
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tips Diet untuk Mencapai Resolusi 2021 Turun Berat Badan
Artikel Selanjutnya
Ini Kebiasaan Makan dari 5 Zodiak Berdasarkan Astrologi