Sukses

Lifestyle

10 Gerakan Olahraga yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak, Cocok untuk Insomnia

Fimela.com, Jakarta Olahraga adalah sebuah kegiatan yang bisa dilakukan secara rutin, untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga pikiran. Olahraga bisa membuat jantung lebih kuat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu membuat tubuh lebih berenergi.

Bagi seseorang yang susah tidur atau sering insomnia, disarankan untuk melakukan olahraga 2 jam sebelum tidur, untuk membuat tidur lebih nyenyak, lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang.

Tidak selalu menggunakan gerakan yang berat dan lincah, olahraga yang dilakukan dengan gerakan yang intensitasnya ringan, justru membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Berikut gerakan olahraga untuk tidur nyenyak, dilansir dari berbagai sumber:

Alasan Olahraga Membuat Tidur Nyenyak

Setelah beraktivitas seharian, tentu saja tubuh dan pikiran merasa lelah, stres dan banyak otot-otot yang tegang. Hal ini justru membuatmu menjadi susah untuk tidur.

Kurang lebih 2 jam sebelum tidur, kamu bisa melakukan beberapa gerakan olahraga dengan intensitas yang ringan, untuk membantu meregangkan otot-otot agar tidak tegang.

Selain itu, olahraga yang dilakukan sebelum tidur, bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, kebutuhan oksigen di dalam tubuh terpenuhi dan membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Gerakan Olahraga Agar Tidur Nyenyak

1. Bear Hug

Lakukan gerakan olahraga dengan posisi bear hug, seperti sedang memeluk tubuhmu sendiri selama 30 detik. Gerakan ini bisa membantu meredakan ketegangan otot bagian bahu, lengan dan punggung.

2. Seated Forward Bend

Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara meletakkan kedua kaki lurus ke depan, lalu sentuh kedua lututmu dengan kepala selama 5menit. Gerakan ini bisa meregangkan otot tulang belakang, bahu dan otak.

3. Legs Up The Wall

Gerakan ini dilakukan dengan tidur, lalu mengangkat kedua kaki lurus ke atas dan menempel pada dinding selama 10 menit. Gerakan ini bisa mengurangi kelelahan, meregangkan otot kaki, punggung dan pinggang.

4. Push Up

Push up yang dilakukan selama 20kali sebelum tidur, bisa membantu menguatkan otot bahu, melancarkan pernapasan, menjaga denyut jantung dan melancarkan sirkulasi darah.

5. Elbow Plank

Gerakan elbow plank bisa membantu memperbaiki postur tubuh, meregangkan otot dan menenangkan pikiran, jika dilakukan selama 20detik.

Gerakan Olahraga Selanjutnya

6. Side Plank

Gerakan ini dilakukan selama 20detik disetiap sisi, untuk membantu menguatkan sisi samping tubuh, paha belakang dan lengkung kaki. Gerakan ini membantu pernapasanmu lebih teratur.

7. Alternating Lunges

Alternating lunges adalah gerakan dengan melangkahkan kaki ke depan lalu di tekuk secara bergantian, seperti sedang berjalan kaki. Gerakan ini bisa dilakukan 20kali secara bergantian, untuk membuat otot kaki dan perut lebih tenang.

8. Squad

Kamu bisa melakukan squad dengan intensitas rendah atau ringan, untuk membuat peredaran darah dan oksigen menjadi lancar, sehingga membantu mengatasi stres dan ketegangan pada tubuh serta pikiran.

9. Bicycle Exercise

Dengan posisi berbaring, lalu menggerakan kedua kaki seperti sedang mengayuh sepeda. Posisi ini bisa membantumu meregangkan otot kaki, menguatkan jantung dan melancarkan pernapasan.

10. Pendinginan

Setelah melakukan olahraga, lakukan gerakan pendinginan seperti mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, lalu gerakkan tangan ke kiri dan ke kanan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Gejala Gerd dan Cara Menyembuhkannya dengan Mudah
Artikel Selanjutnya
5 Cara Membuat Nasi Kuning yang Enak dan Gurih