Sukses

Lifestyle

Perbedaan Besar antara Pria dan Perempuan dalam Mencari Pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh jurnal Academy of Management Discoveries memberi label baru pada strategi yang harus dilakukan kaum perempuan saat mencari pekerjaan. Ini adalah emosional ekstra yang harus dimiliki secara khusus oleh perempuan sebelum melamar pekerjaan.

Elena Obukhova, seorang peneliti dari McGill University dan Adam M. Kleinbaum dari Dartmouth College mengamati bagaimana para siswa menggunakan database alumni sekolah mereka saat membangun jaringan untuk pekerjaan. Dilansir dari huffpost.com, mereka menemukan bahwa siswa perempuan menjangkau setidaknya sebanyak laki-laki dan jauh lebih banyak alumni perempuan daripada teman sekelas laki-laki mereka.

Dalam wawancara lanjutan, mereka menemukan alasannya. Baik pria, maupun perempuan terlibat dalam pergaulan, yaitu membangun jaringan untuk mengeksplorasi peluang karier, termasuk belajar tentang industri, peran, dan strategi karier untuk mengidentifikasi prospek pekerjaan untuk mendapatkan bantuan wawancara pekerjaan, rujukan, dan bahkan advokasi.

 

Perbedaan antara pria dan perempuan dalam mencari pekerjaan

Namun, hanya perempuan yang melakukan langkah tambahan dalam pencarian informasi dengan perempuan lain tentang dinamika gender di tempat kerja dan tingkat dukungan orangtua. Adam memberi tahu bahwa pengumpulan informasi ini untuk mencari tahu pengusaha mana yang akan menawarkan kesempatan yang adil kepada kaum perempuan.

Jika perempuan tidak mencari tahu secara efektif, ada kemungkinan mereka akan berakhir dalam pekerjaan yang majikannya mendiskriminasi atau tidak memberi mereka kesempatan yang diinginkan atau diharapkan. Kekurangan dari hal ini adalah hilangnya waktu dan energi yang seharusnya digunakan untuk mencari pekerjaan.

Pada akhirnya diketahui, perempuan membangun jaringan lebih keras untuk hasil yang sama dengan pria. Bagaimana menurutmu?

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading