Sukses

Lifestyle

Pentingnya Memulai Investasi Sejak Dini bagi Milenial, Demi Kebahagiaan Masa Depan

Fimela.com, Jakarta Mendengar tentang investasi, kebanyakan para milenial akan merasa sedikit asing karena mereka lebih terbiasa untuk memilih aktivitas lain seperti traveling. Namun bila digali lebih dalam lagi, sebenarnya investasi itu penting sekali untuk generasi muda. Maka dari itu, sangat disarankan agar milenial bisa memulai investasi sesegera mungkin.

Kemudian beberapa pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah kenapa harus memulai dan melakukan investasi sesegera mungkin? Apa manfaat dan apa saja jenis investasi yang bisa digunakan? Cari tahu jawabannya lebih lanjut yuk!

Investasi Dimulai dari Modal yang Kecil

Dahulu investasi dianggap hanya bisa dilakukan oleh mereka yang telah bekerja dan mempunyai penghasilan tinggi. Namun sekarang kondisinya telah berubah arena milenial dapat memulai investasi bahkan sejak dini. Yup, investasi sekarang tak membutuhkan banyak modal, cukup dengan uang sebesar Rp 100 ribu saja.

Meski modal awal yang harus dikeluarkan tergolong kecil, tapi jika dimulai sejak usia dini, manfaat yang dirasakan di kemudian hari akan benar-benar terasa. Namun agar bisa menikmatinya, kamu tentunya harus bisa memilih jenis investasi yang tepat dan sesuai kebutuhan. Satu hal yang mesti diingat jika keuntungan milenial adalah mereka memiliki usia yang relatif masih muda sehingga ada banyak waktu untuk memulai investasi. Yes, waktu adalah kemenangan untuk milenial.

Manfaat Investasi untuk Milenial

Mengutip dari duwitmu.com, ada beragam manfaat yang bisa diperoleh milenial saat memilih untuk melakukan investasi.

• Nilai Kekayaan Meningkat

Investasi adalah langkah pertama untuk bisa meningkatkan kekayaan dan asetnya pun ada beragam. Mulai dari gedung, property lain, serta yang uang disimpan. Apabila kamu mulai berinvestasi hari ini, berarti dalam beberapa tahun ke depan modal awal akan semakin banyak dan bertambah.

• Melindungi dari Inflasi

Setiap tahun, satu hal yang tak bisa dihindari adalah terjadinya inflasi. Nah guna mengantisipasi hal ini, menyimpan uang untuk keperluan investasi tentu bisa jadi solusi. Harus diketahui jika dengan tidak berinvestasi, nantinya modal yang dimiliki akan akan tergerus dan nilainya akan terus berkurang.

Infllasi memang memiliki pengaruh yang signifikan bagi perekonomian, terutama jual beli, keberadaannya ternyata dapat melemahkan daya beli masyarakat. Maka dari itu, investasi menjadi cara efektif yang bisa dilakukan untuk menghindari problem akibat inflamasi.

• Merdeka Keuangan

Memiliki kemerdekaan finansial itu berarti kamu telah bebas dalam hal keuangan. Artinya, seseorang yang berhasil mencapai tahap ini memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari kekayaan yang dimiliki tanpa harus bekerja keras dikarenakan investasi yang dilakukan sejak dini.

• Masa Depan Cerah

Ketika telah memasuki usia senja di mana fisik sudah tak lagi mampu untuk bekerja dan kemampuan penghasilan semakin berkurang, investasi sejak muda dapat memunculkan dampak positif. Yup investasi menjadi cara brilian untuk mempersiapkan masa tua yang bahagia. Selain itu, juga dapat diandalkan untuk membantu mencukupi kebutuhan di kemudian hari tanpa harus bekerja. Jadi jangan ragu untuk memulai investasi sejak dini.

Jenis Investasi untuk Milenial

Sudah terpikirkan untuk mencoba berinvestasi? Tak perlu khawatir karena kamu bisa memilih sendiri jenis investasi yang cocok untuk kebutuhan. Berikut beberapa instrument investasi yang sesuai bagi milenial.

• Deposito

Deposito dipakai jika kamu memiliki banyak uang tapi juga memiliki keinginan untuk menyimpannya dalam jangka panjang. Jika dilihat secara lebih mendalam, jenis investasi yangs atu ini tergolong tabungan, tapi memiliki waktu tertentu berdasarkan kesepakatan dengan nasabah. Jangka waktunya sendiri beragam, biasanya antara 3,6 tahun sampai 1 tahun. Makin lama kamu mendepositokan uang, maka bunga yang diperoleh pun juga semakin banyak. Risikonya juga rendah serta aman dan untuk melakukannya pun cara yang harus dilakukan juga tidak rumit.

• Saham

Jenis investasi ini termasuk salah satu yang paling popular. Biasanya diaplikasikan dalam bentuk kepemilikan saham di perusahaan sehingga pemiliknya berhak memperoleh bagian dari keuntungan yang didapatkan. Investasi saham cenderung menawarkan hasil yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan jenis lain.

Namun sifatnya high risk dan high return di mana investasi saham memiliki risiko cukup tinggi untuk dijalankan. Harga saham pun bisa mengalami kenaikan dan penurunan secara drastis dalam jangka waktu yang cukup cepat.

• Emas

Ini merupakan salah satu jenis investasi yang mudah untuk dilakukan. Emas yang digunakan pun dapat berupa logam mulia, perhiasan, batangan, dan sebagainya. Namun ada juga kekurangannya yaitu terletak pada penyimpanannya.

Yup, penyimpanan emas disarankan agar memakai safe deposit box yang biasanya telah disediakan oleh bank-bank tertentu. Kalau tidak memakai jasa tersebut, maka bisa disimpan dalam brankas pribadi agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

• Properti

Sudah menjadi rahasia umum apabila harga property dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, sehingga bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang. Namun perlu diketahui juga jika selain mendapat keuntungan, investasi property pun juga memiiki risiko kerugian. Salah satunya adalah membutuhkan banyak uang untuk membeli properti. Bukan hanya itu, property yang telah dibeli pun perlu dirawat dengan baik agar nilai jual yang dimiliki tetap tinggi, terutama dalam beberapa tahun ke depan.

• Reksadana

Sejak dahulu reksadana dikenal sebagai salah satu investasi yang terkenal dengan risiko yang sangat kecil dan mudah dilakukan. Cara yang perlu dipraktikkan adalah dengan menghimpun dana atau uang melalui pihak lain dan diwujudkan dalam surat berharga. Cara ini juga bisa dilakukan dalam bentuk obligasi, saham, maupun sekuritas lain. Modalnya pun bisa dimulai dari Rp.50.000,- sampai Rp.500.000,- saja.

Kesimpulannya, dengan usia yang relatif masih muda, milenial tentu punya kesempatan besar untuk menghasilkan investasi optimal karena waktu berpihak pada mereka. Jadi tunggu apalagi? Sekarang saatnya milenial mulai berinvestasi guna memperoleh manfaat paling optimal.

;
Loading