Sukses

Lifestyle

Pengertian Biografi Beserta Ciri-Ciri, Struktur Teks, dan Jenisnya

Fimela.com, Jakarta Biografi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cerita sejarah dari seseorang yang memiliki pengaruh besar di suatu lingkungan tertentu. Biasanya, teks biografi tersebut ditulis lantaran banyaknya antusiasme untuk mengetahui cerita di balik kehidupan seorang tokoh yang menjadi panutan

Dengan memahami pengertian biografi beserta sosok yang diceritakan di dalamnya, maka pembaca pun dapat memperkaya wawasan serta mengambil pelajaran hidup untuk menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari. Ada pula biografi yang juga menceritakan suatu pengalaman agar pembacanya tak mengulangi hal yang dilakukan oleh si tokoh tersebut.

Memahami pengertian biografi tersebut rasanya kurang lengkap jika kamu tidak mempelajari ciri-ciri hingga struktur teks yang menjadi pembeda dengan karangan sastra lainnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat ulasan yang berikut ini.

Dilansir dari Merdeka.com, Fimela.com akan mengulas pengertian biografi beserta ciri-ciri, contoh struktur, dan jenisnya. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Biografi

Biografi merupakan sebuah karya sastra yang diabadikan oleh penulis dan berisikan riwayat hidup seorang tokoh ternama. Pada umumnya, pengertian biografi tersebut juga merujuk pada sejarah hidup, pengalaman semasa tokoh tersebut hidup, hingga kisah di balik kesuksesannya.

Sehingga, pengertian biografi tersebut tak jauh berbeda dengan istilah menceritakan atau menginformasikan kepada khalayak umum mengenai kehidupan seseorang. Biasanya, teks biografi tersebut jauh lebih kompleks dari sekadar informasi mengenai tanggal lahir, tanggal kematian, dan lain sebagainya.

Namun, teks biografi lebih cenderung menceritakan tentang kisah teladan hingga melibatkan rasa emosional pembaca. Teks biografi tersebut bisa menceritakan secara lengkap dari tokoh semasa kecil ataupun cukup mengambil kisah dalam rentang waktu tertentu.

Ciri – Ciri Biografi

Sama halnya dengan karya sastra lainnya, teks biografi tersebut juga memiliki ciri-ciri yang bisa dikenali. Beberapa ciri-ciri yang melekat pada teks biografi tersebut yakni sebagai berikut:

  • Dapat ditulis dalam bentuk fiksi maupun nonfiksi.
  • Menceritakan tokoh yang menjadi panutan atau memiliki andil pada suatu lingkungan masyarakat tertentu.
  • Ditulis mengikuti pola tertentu yang didasarkan pada alur cerita seperti alur maju, gaya penulisan, sudut pandang, penggunaan bahasa, dana fokus cerita.
  • Melibatkan beberapa unsur bahasa seperti kata rujukan, kata hubung, waktu, kata kerja, tempat, dan aktivitas.
  • Dapat dikembangkan secara naratif dan deskriptif.
  • Ditulis sesuai dengan stuktur tertentu berupa kejadian, orientasi, atau reorientasi.
  • Karakter tokoh dapat dituliskan secara langsung maupun tidak langsung.
  • Pola pengembangan teks biografi biasanya bersifat kronologis.

Struktur Teks Biografi

Selain cirinya, penulisan teks biografi biasanya juga wajib memperhatikan beberapa struktur yang ada di dalamnya. Beberapa struktur teks biografi tersebut antara lain yakni sebagai berikut:

Setting

Struktur ini pada umumnya berisikan gambaran awal mengenai tokoh secara general. Pada setting, biasanya penulis akan menceritakan latar belakang dari tokoh sehingga diangkat menjadi suatu cerita untuk meyakinkan pembaca.

Rangkaian Peristiwa

Struktur ini memuat rangkaian sejumlah peristiwa yang ditulis runtut secara kronologis berdasarkan waktu dan tempat. Pada bagian ini, biasanya dituliskan berbagai peristiwa menarik yang mampu mengikat para pembaca lebih dalam lagi.

Reorientasi

Bagian ini menyajikan simpulan khusus mengenai sejumlah peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan tokoh. Reorientasi secara umum merupakan pandangan penulis terhadap tokoh yang dituliskan sejak awal. Biasanya, di sini penulis akan memberikan beberapa hikmah atau pesan dari peristiwa yang dialami oleh tokoh tersebut.

Jenis – Jenis Teks Biografi

Penulisan teks biografi tersebut pada umumnya terbagi menjadi dua macam yakni berdasarkan sisi penulis dan isinya. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Biografi Menurut Sisi Penulis

Biografi jenis ini dituliskan sepenuhnya menurut pandangan penulis mengenai seorang tokoh yang diceritakan. Secara lebih lanjut, teks ini terbagi menjadi dua macam yakni autobiografi dan biografi.

2. Biografi Menurut Isi

Biografi menurut isi terbagi lagi menjadi dua yakni biografi mengenai perjalanan hidup dan perjalanan karier dari tokoh yang dituliskan. Biografi perjalanan hidup berisikan rangkaian peristiwa yang terjadi pada hidup tokoh, sedangkan perjalanan karier berisikan riwayat pekerjaan tokoh hingga mencapai kesuksesan yang bisa diteladani.

;
Loading