Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Pare yang Menakjubkan untuk Atasi Masalah Kesehatan Tubuh dan Kecantikan kulit

Fimela.com, Jakarta Meskipun rasanya terkenal pahit, tetapi pare menyimpang segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang seringkali dihindari sebagian besar orang karena rasanya yang pahit. Padahal, di balik hal tersebut pare memiliki manfaat beragam bagi tubuh, termasuk manfaat kesehatan dan kecantikan.

Pare merupakan salah satu tumbuhan merambat yang mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Meski cukup melimpah, sayuran yang satu ini tidak begitu dinikmati karena rasa pahitnya yang khas.

Pare merupakan sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik. Di dalamnya juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang. Nah, ada baiknya jika kamu tahu lebih banyak mengenai manfaat pare.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat pare yang menakjubkan untuk atasi masalah kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengendalikan Gula Darah

Manfaat pare untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat bantu kendalikan kadar gula darah. Pare memiliki sifat yang berfungsi seperti insulin, yang membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Konsumsi pare dapat bantu sel-sel tubuh mendapatkan glukosa sebagai makanan. Manfaat pare juga mampu mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pare untuk kesehatan yang kedua adalah dapat mampu jaga kesehatan mata. Pare mengandung flavonoid seperti alpa-karoten, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang mampu meningkatkan kesehatan mata.

Sehingga, manfaat pare lainnya adalah dapat meningkatkan penglihatan, terutama di malam hari, serta memperlambat degenerasi makula. Senyawa ini berperan dalam melawan efek penuaan, menghilangkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan banyak komplikasi.

Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat pare untuk kesehatan yang ketiga adalah dapat bantu tingkatkan kesehatan pencernaan. Meskipun pare merupakan jenis sayuran yang rendah kalori, tapi sayuran ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Serat makanan membantu pencernaan yang baik dan gerakan peristaltik makanan dan limbah yang lancar melalui sistem pencernaan. Manfaat pare baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, kandungan charantin yang tinggi mampu membantu meningkatkan serapan glukosa dan sintesis glikogen, yang dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dengan mengurangi penyimpanan sel-sel lemak.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat pare ternyata tidak hanya berkhasiat untuk tubuh, tetapi juga baik untuk kecantikan kulit. Pare dapat meningkatkan produktivitas kolagen yang ada di dalam tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalam pare akan membantu kesehatan pembuluh dan peredaran darah.

Kesehatan pembuluh darah merupakan unsur penting bagi produksi kolagen. Sementara kolagen adalah protein penting untuk menjaga keremajaan sel kulit.

Efektif dalam Menangkal Radikal Bebas

Terakhir, manfaat pare untuk kecantikan kulit wajah ialah efektif dalam menangkal radikal bebas. Mengonsumsi seporsi pare akan memenuhi 54 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C.

Manfaat pare adalah vitamin C yang terkandung di dalam pare akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Manfaat pare bisa mengurangi resiko kanker kulit dan kerusakan sel. Tentunya jika kulitmu bebas dari pengaruh buruk zat dan polusi yang berbahaya, kondisinya akan menjadi lebih sehat dan terawat. 

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Memilih Sampo untuk Anak yang Aman Digunakan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah