Sukses

Lifestyle

Mumpung Awal Tahun, Yuk Perbaiki Kebiasaan Buruk saat Belanja

Fimela.com, Jakarta Tahun 2021 memang baru berjalan beberapa hari, tetapi urusan keinginan untuk belanja ini itu bisa jadi sudah begitu panjang daftarnya. Lebih-lebih jika di tahun sebelumnya, ada banyak sekali barang yang kamu incar, tentu makin besar hasrat untuk memilikinya di tahun baru ini.

Namun, sadar nggak sih kalau ternyata beberapa kebiasaan belanja yang sering dilakukan kerap dirasa kurang tepat. Bahkan, mungkin nggak sekali dua kali, timbul rasa kecewa usai membeli sesuatu. Padahal, jika terus-terusan dilakukan, kebiasaan buruk saat berbelanja tersebut bisa berisiko buruk bagi finansial, terutama di masa seperti sekarang ini.

Jangan sampai buang-buang duit, hanya gara-gara gampang teracuni dengan iklan di media sosial atau review seorang teman, hingga bikin kamu susah tidur sebelum barang yang diincar berhasil terbeli. Biar hal tersebut nggak sampai terulang berkali-kali, beberapa tips berikut ini wajib banget kamu ikuti.

 

Mulai dengan Bikin Wishlist Yuk!

Hal yang wajar jika kamu memiliki banyak keinginan. Namun, biar lebih terstruktur dengan baik, mulailah dengan bikin wishlist. Dengan langkah ini, kamu bisa menentukan mana keinginan yang perlu diprioritaskan dan mana yang nggak harus segera diwujudkan.

Selain itu, dengan membuat wishlist, kamu juga bisa mengatur perencanaan keuangan secara lebih akurat. Hasilnya, barang yang kamu beli benar-benar berguna sesuai kebutuhan, bukan sekadar jadi pajangan yang kadang kerap berakhir dengan penyesalan.

 

Stop Turuti Sifat Impulsif

Hindari kebiasaan membeli barang sekadar menuruti kepuasaan hati atau kalap saat lihat diskon, jika kamu bukan sultan alias orang yang tajir melintir. Sifat impulsif saat belanja ini hanya akan membuat keuangan kamu meronta-ronta, jika nggak dipikirkan secara matang. Jangan sampai kamu harus makan mie instan sepanjang bulan, hanya gara-gara kebiasaan buruk belanja impulsif yang nggak terduga di awal bulan misalnya.

Sebaliknya, pikir secara matang dan berulang kali sebelum memutuskan membeli. Apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan? Jika tidak, maka alihkan dengan keperluan lain. Ingat, masih ada banyak hal-hal prioritas dalam wishlist kamu yang perlu diwujudkan. Soal diskon, tenang, nggak perlu sampai khawatir, karena setiap waktu akan ada promo yang bisa kamu manfaatkan.

 

Andalkan Jasa Pengiriman yang Tepat

Hal lain yang juga nggak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah jasa pengiriman. Kerap kali jasa pengiriman yang kurang tepat, bukan hanya berisiko membuat barang yang dibeli secara online rusak atau nggak kunjung sampai di rumah, tetapi juga membuat biaya jadi membengkak karena ongkos kirim yang mahal.

Di sinilah memilih jasa pengiriman yang tepat. Bukan saja menawarkan biaya pengiriman yang ekonomis, tetapi juga dapat memberikan jaminan keamanan barang yang kamu beli secara online hingga sampai di tujuan. Urusan satu ini, kamu bisa mengandalkan layanan IDexpress Indonesia.

Sekalipun terbilang baru, karena baru beroperasi sekitar 6 bulan lamanya, tetapi pelayanan yang diberikan oleh IDexpress Indonesia nggak kalah dengan jasa ekspedisi lain. Bahkan, di usia yang belum genap satu tahun, IDexpress Indonesia sudah mampu melayani pengiriman hingga ke berbagai pelosok di Indonesia lho.

 

Bukan itu saja, bicara ongkos kirim, IDexpress Indonesia juga terbilang ekonomis, karena hanya mematok biaya setengah harga saja. Misalnya, layanan iDlite untuk paket di bawah 500gr cukup dibayar dengan setengah harga saja ongkos kirimnya.

Menariknya lagi, IDexpress Indonesia juga menghadirkan layanan iDeal. Lewat layanan tersebut pengiriman paket dengan berat 3-10 kg bisa kamu nikmati dengan biaya yang super ekonomis. Selain itu, waktu pengantaran juga cepat dan tentunya paket dikirim dengan aman ke alamat tujuan. Layanan ini bahkan jadi kunci sukses IDexpress saat momen belanja online 12.12 lalu lho.

Sebagai penyempurna, IDexpress Indonesia juga menyediakan sistem pengecekan paket yang bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa melakukan pengecekan paket melalui aplikasi IDexpress yang bisa diunduh melalui Google Play.

Gimana, sekarang sudah tahu kan solusi yang tepat agar kebiasaan buruk saat belanja nggak sampai terulang? Urusan jasa pengiriman, andalkan saja IDexpress Indonesia. Cek informasi selengkapnya di instagram @idexpress_indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading