Sukses

Lifestyle

Ariel Tatum Beri 8 Cara Self Love Sebelum Menyayangi Orang Lain   

 

Fimela.com, Jakarta Ariel Tatum sudah sejak tahun lalu membuka rahasianya pada publik sebagai penyintas gangguan kesehatan mental dan gencar mengedukasi isu tersebut. Ia sendiri berjuang untuk mengatasi gangguan kesehatan mental sejak belia sampai akhirnya divonis Borderline Personality Disorder atau kepribadian ambang pada usia 18 tahun karena memang butuh waktu yang panjang untuk mendeteksinya.

Gangguan kepribadian tersebut menurutnya membuat citra diri kurang jelas, seperti ABG labil yang suka tidak tahu keinginannya sendiri. Hal itu diungkap Ariel Tatum saat menjadi bintang tamu dalam acara OOTD. 

Salah satu dampak yang dirasakannya adalah sulit membangun hubungan percintaan. Ia mengaku butuh usaha lebih dari orang lain untuk bisa membangun hubungan yang romantis.

Namun di balik itu semua, Ariel Tatum ingin mempraktikkan mencintai diri sendiri dulu atau self-love. Ya, banyak yang bilang sebelum mencintai orang lain, kenali dan cintai diri sendiri.

Mencintai diri sendiri bukan berarti egois atau ingin menang sendiri, melainkan menghargai dan menyayangi diri sendiri terlepas dari semua kekurangan yang kita miliki. Setelah bisa mempraktikkan self love, kita akan lebih mudah merealisasikan impian dan memiliki hubungan sehat dengan orang lain termasuk calon pasangan.

 

8 Cara Praktikkan Self Love dalam Keseharian

Ariel Tatum pun membagikan tips mempraktikkan self-love dalam keseharian kita. Sebab menurutnya masih banyak yang bingung bagaimana menerapkan self-love dalam kondisi sehari-hari;

1. Berkenalan dengan diri sendiri

Cari tahu apa yang membuat kamu senang, apa yang tidak disukai, dan membuat stres atau cemas. Sehingga kamu dapat lebih memahami perasaan diri sendiri. 

2. Ucapkan kata-kata positif untuk diri sendiri setiap hari 

Karena alam bawah sadar menyerap semua kalimat yang kita ucapkan, jadi jangan mengatakan "Saya memang orangnya malas." Atau "Saya itu pemarah.".

Atau merespons suatu perilaku negatif seperti "Ya, saya memang seperti itu, tidak bisa berubah lagi." 

Sebab kita adalah hasil dari apa yang diucapkan dan yakini. Jadi mulailah berbaik hati dengan diri sendiri.

 

Self-Love ala Ariel Tatum

3. Jaga diri baik-baik

Baik secara mental maupun fisik. Bagi yang malas untuk berolahraga, sebenarnya tidak. Kamu hanya belum memulainya.

4. Kelilingi diri dengan orang dan hal positif

Jangan pernah takut untuk keluar dari situasi yang tidak membuahkan kebaikan untuk diri sendiri.

5. Setop membandingkan diri dengan orang lain

Semua orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hanya saja kamu tidak melihat kekurangan mereka dan kamu belum memilih untuk melihat dan menganggap kelebihan diri sendiri.

Self Love bukan Egois

6. Hargai diri sendiri termasuk pencapaian kecil dalam hidup

Tidak setiap hari berlalu dengan pencapaian luar biasa. Dan itu tak apa. Termasuk merayakan pencapaian kecil dalam hidup.

7. Sisihkan waktu untuk mengobservasi diri sendiri

Karena seiring jalannya waktu, sebagai manusia kita pasti mengalami perkembangan secara mental dan emosional. Kamu juga bisa mencatat hasil pengamatan bila diperlukan.

8. Maafkan diri sendiri

Kita semua punya kesalahan dan penyesalan dalam hidup. Dan kita semua tidak bisa memutarbalikkan waktu. Jadi pilihannya berdamailah dengan semua itu. Sayangi dan maafkan dirimu.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading