Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Jeruk Lemon untuk Tubuh dan Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Jeruk lemon atau yang sering disebut dengan jeruk sitrun, limun atau limau, merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Walaupun memiliki rasa yang sangat asam, tetapi jeruk lemon yang sangat populer ini bisa diolah menjadi campuran masakan, minuman atau bisa digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

Jeruk lemon biasanya tumbuh di daerah yang beriklim tropis dan sub-tropis. Pohon dari jeruk lemon ini tidak dapat tumbuh di cuaca yang dingin. Jeruk lemon ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat banyak, salah satunya adalah vitamin C. Berikut manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan, dilansir dari Merdeka.com:

Kandungan Jeruk Lemon

Pohon jeruk lempon mmiliki tinggi hingga 6 meter, dengan cabang berduri, memiliki daun yang berbentuk bulat telur dan buah yang berbentuk lonjong. Buah jeruk lemon ini memiliki warna kuning muda hingga kuning tua.

Jeruk lemon memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, protein, lemak, serat dan karbohidrat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jeruk lemon juga memiliki kandungan senyawa akti seperti fitokimia,flavonoid, kumarin, psoralen, karotenoid serta mineral yang lainnya, yang bersifat sebagai antioksidan dan baik untuk tubuh maupun kulit.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Tubuh

Rutin mengonsumsi jeruk lemon setiap hari, bisa membantu mencegah beberapa penyakit serius yang bisa menyerang tubuh manusia. Bahkan jeruk lemon ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar tubuh terhindar dari virus. Berikut manfaat jeruk lemon untuk tubuh:

Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang vital, yang memiliki fungsi untuk menyaring kotoran atau mendetoksifikasi tubuh, dengan membuangnya bersama air berbentuk urin.

Untuk mencegah penyakit ginjal, kamu bisa mengonsumsi jeruk lemon secara rutin, karena jeruk lemon memiliki kandungan asam sitrat, yang membantu meningkatkan volume urine, pH urine dan mengatasi batu ginjal.

Mencegah Obesitas

Obesitas merupakan sebuah kondisi saat asupan kalori terlalu banyak, yang menjadikan adanya penumpukan lemak di dalam tubuh, karena kurang beraktivitas untuk membakar kalori.

Mengonsumsi jeruk lemon sangat bermanfaat, untuk membantu mencegah terjadinya obesitas. Karena jeruk lemon memiliki kandungan senyawa isothiocyanate, yang bisa membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika sistem kekebalan tubuh pada manusia rendah, bisanya tubuh akan mudah terinfeksi virus, yang menyebabkan beberapa penyakit serius pada manusia, seperti covid-19.

Kandungan vitamin C dan senyawa aktif yang terdapat di dalam jeruk lemon, memiliki sifat sebagai antioksidan, yang bisa membantu menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada manusia. Penyakit jantung ini bisa disebabkan karena faktor keturunan, usia dan pola hidup yang kurang baik.

Jeruk lemon memiliki kandungan mineral yang bersifat antioksidan, yang bisa membantu mencegah penyakit jantung, jika dikonsumsi secara rutin.

Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes disebabkan karena terlalu tinggi kadar gula di dalam tubuh, yang bisa disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi gula tambahan, obesitas atau faktor keturunan.

Jeruk lemon adalah buah yang memiliki kandungan quersetin. Kandungan tersebut membantu mengontrol kadar gula di dalam tubuh, agar terhindar dari penyakit diabetes.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kecantikan

Jeruk lemon memiliki kandungan asam sitrat, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor dan kalium, yang bisa membantu menjaga kecantikan. Berikut manfaatnya:

Mencerahkan Kulit

Jeruk lemon bisa membantu mencerahkan kulit, dengan cara mencampur air lemon dengan madu. Lalu diamkan selama 20menit di wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, dan bilas dengan air hangat.

Mengatasi Jerawat

Jeruk lemon sangat terkenal untuk membantu mengatasi jerawat. Kamu bisa mengoleskan air perasan jeruk lemon ke bagian yang berjerawat, tunggu selama 15 menit dan kemudian bilas.

Menghilangkan Komedo

Komedo disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori. Kamu bisa mengeksfoliasi area yang berkomedo, dengan kapas yang dicampur dengan air lemon untuk membersihkan penyumbatan pada pori-pori.

Mengatasi Penuaan Dini

Vitamin C dan antioksidan di dalam jeruk lemon, bisa membantu mengatasi tanda penuaan dini di kulit orang berumur 25tahun lebih. Kamu bisa menggunakan air perasaan jeruk lemon sebagai masker dan mengonsumsi air perasan secara rutin, untuk mencegah tanda penuaan dini pada kulit.

Mengontrol Minyak

Air perasan jeruk lemon yang dijadikan sebagai masker, juga bermanfaat untuk membantu mengontrol produksi minyak di wajah, agar wajah tidak terlihat kusam dan mengkilap.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Titik Sensitif Sensual Ini Paling Disukai Zodiak Sagitarius
Artikel Selanjutnya
Update Corona 11 Januari 2021: 8.692 Kasus Positif Baru