Sukses

Lifestyle

Vaksin Covid-19 Sebabkan Kemandulan? Cek Faktanya Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Vaksin Covid-19 menimbulkan banyak berita simpang siur. Di tengah virus yang masih mewabah, banyak orang yang enggan menerima vaksin akibat efek samping yang disebabkan.

Salah satu rumor yang beredar mengenai kemandulan akibat efek samping dari vaksin Covid-19. Padahal, dugaan ini tidak benar. Dikutip dari Antara News, para dokter dan ilmuwan sudah menjawab isu tersebut.

Dugaan vaksin Covid-19 yang dikatakan bisa menyebabkan mandul tentu tidak benar. Informasi menyesatkan seputar vaksin dan kesuburan mengkalim jika vaksin mengandung protein lonjakan syncytin-1 yang terkait fungsi plasenta.

Vaksin Covid-19

Tentunya, hal ini tidak benar karena SARS-CoV-2 sama sekali tidak mirip syncytin-1, kata dokter spesialis kandungan di The Ohio State University Wexner Medical Center, Michael Cackovic.

Jadi yang pasti, tidak ada bukti yang menyebabkan kemandulan akibat vaksin Covid-19. Bahkan American College of Obstetricins and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan vaksinasi bagi indvidu yang berusaha untuk hamil atau sedang mempertimbangkan kehamilan dan memenuhi kriteria untuk vaksinasi.

Bahkan penerima vaksin juga tidak perlu menunda kehamilan, setelah menyelesaikan kedua dosis vaksin Covid-19.

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

What's On Fimela
Loading