Sukses

Lifestyle

Penyebab Mimisan dan Cara untuk Menanganinya

Fimela.com, Jakarta Mimisan adalah kondisi saat hidung mengeluarkan darah. Mimisan atau yang memiliki nama lain epistaksis, biasa terjadi pada usia 3 tahun hingga 10 tahun.

Mimisan ini juga bisa terjadi pada orang dewasa seperti ibu hamil, lanjut usia atau orang dewasa yang memiliki riwayat sakit tertentu. Jika mimisan ini terjadi pada orang dewasa, maka harus segera diwaspadai dan periksa ke dokter.

Secara umum mimisan ini terjadi karena udara kering, alergi terhadap sesuatu atau terlalu sering mengorek hidung, yang menyebabkan pembukuh darah halus yang ada di dalam hidung terluka.

Sebenarnya mimisan ini bisa ditangani dengan penanganan awal, yang bisa dilakukan di rumah saja, seperti mengkompres pangkal hidung. Untuk mengetahui penyebab mimisan dan cara untuk menanganinya, yuk simak artikel berikut ini, yang dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Mimisan Secara Umum

Mimisan bisa saja terjadi selama beberapa detik hingga 20 menit, ketika pembuluh darah halus di dalam hidung terluka atau tergores, yang disebabkan karena ada penyebab seperti udara kering atau terlalu sering mengorek hidung.

Secara umum, mimisan bisa saja terjadi karena terlalu kencang saat membuang ingus, adanya cedera pada hidung, dan terlalu sering menggunakan obat pelega hidung.

Tetapi bisa saja mimisan disebabkan karena adanya faktor keturunan, hidung sedang terinfeksi virus seperti influenza, atau disebabkan karena seseorang memiliki riwayat sinusitis yang kronis.

Penyebab Mimisan yang Serius

Mimisan yang disebabkan karena pendarahan hidung, yang darahnya berasal dari pembuluh darah bagian belakang hidung, bisa saja disebabkan karena penyebab yang serius.

Penyebab mimisan yang berasal dari bagian epistaksis posterior ini, yaiut karena iritasi hidung yang disebabkan karena terpapar bahan kimia, seperti amonia atau senyawa gas yang berbau tajam.

Masuknya benda asing ke dalam hidung juga bisa menyebabkan mimisan yang serius. Bahkan saat kepala terkena benturan yang keras, juga bisa menyebabkan mimisan dan hidung patah.

Mengonsumsi obat-obatan yang berfungsi untuk mengencerkan darah, atau melakukan operasi pada hidung, juga bisa menyebabkan mimisan pada kondisi yang serius.

Penyebab Mimisan Pada Orang Dewasa

Mimisan yang terjadi pada orang yang dewasa harus segera disadari dan diperiksakan, karena penyebab mimisannya bisa berhubungan dengan kondisi kesehatannya. Berikut beberapa penyebab mimisan pada orang dewasa:

Karsinoma Nasofaring

Karsinoma nasofaring adalah kanekr yang terjadi pada nasofaring, atau bagian atas tenggorokan yang berada di belakang hidung. Kanker ini memiliki gejala umum seperti mimisan yang keluar secara terus menerus.

Leukemia

Leukemia adalah kanker sel darah putih, yang menyebabkan sistem imunitas tubuh menurun, sehingga tubuh akan susah melawan berbagai macam infeksi yang menyerang tubuh. Salah satu gejala leukemia adalah mimisan yang berulang.

Limfoma

Mimisan yang terjadi pada orang dewasa, bisa juga disebabkan karena limfoma. Limfoma adalah kanker yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening.  Tak jarang gejala yang muncul adalah mimisan, karena sinus yang mengikis pada bagian pembuluh darah hidung.

Perubahan Hormon

Mimisan bisa terjadi pada perempuan yang sedang hamil. Karena saat hamil terjadi perubahan hormon, yang menyebabkan adanya peningkatakan estrogen dan progesteron pada semua selaput lendir, yang menyebabkan selaput membengkak dan melebar, sehingga bisa pecah dan menyebabkan mimisan.

Cara Menangani Mimisan di Rumah

Saat mengalami mimisan, usahakan untuk tidak panik. Kamu bisa mengambil posisi duduk tegak, untuk membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darh.

Lalu condongkan tubuh ke arah depan, agar darah tidak masuk ke dalam tenggorokan. Kompres hidung dengan air dingin atau pencet hidung selama 10 hingga 15 menit, untuk memperlambat pendarahan, dan bernapaslah menggunakan mulut.

Hindari membuang ingus, membungkuk, melakukan aktivitas berat dan mengorek hidung selama kurang lebih 24 jam, untuk mencegah mimisan berulang. Jika mimisan tetap terjadi, segera hubungi dokter agar mimisan segera sembuh.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Kisah Pilihan tentang Single Mom Hebat yang Hatinya Seluas Samudra
Artikel Selanjutnya
Ini Sekian Alasan Anak Lebih Sering Mendahulukan Ibunya daripada Ayahnya