Sukses

Lifestyle

5 Aktivitas Sederhana untuk Mencegah Timbulnya Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu momok bagi dunia kesehatan. Hal ini karena penyakit ini merupakan penyebab kematian paling banyak. Apalagi, penyakit jantung dapat dialami siapa saja, tidak hanya lansia, namun juga anak muda.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan cara yang mudah, melalui pola hidup sehat dengan menerapkan aktivitas sederhana yang ternyata efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Aktivitas sederhana yang ampuh mencegah penyakit jantung cukup mudah dilakukan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukannya dimana saja. Kamu juga bisa melakukannya kapan saja saat ada waktu. Agar lebih maksimal, tentunya kamu juga harus menerapkan perubahan gaya hidup, pola makan sehat, hindari stres dan istirahat dengan cukup.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 aktivitas sederhana untuk mencegah timbulnya penyakit jantung. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Rutin Berjalan Kaki

Pertama, aktivitas sederhana yang ampuh mencegah penyakit jantung adalah berjalan kaki. Aktivitas sederhana ini dapat menurunkan potensi penyakit jantung di kemudian hari. Hanya dengan berjalan kaki dalam satu jam, kamu dapat membakar setidaknya 245 kalori dari tubuh.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih atau bahkan obesitas, berjalan kaki dapat membantu program penurunan berat badan. Apalagi, selain kurang aktivitas fisik, kelebihan berat badan juga menjadi salah satu faktor yang berperan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi, berjalan kaki dengan rutin dapat mencegah penyakit jantung sekaligus mengatasi berat badan berlebih.

Berkebun

Kedua, berkebun juga bisa dijadikan salah satu aktivitas sederhana yang ampuh mencegah penyakit jantung. Dalam satu jam berkebun, kalori yang mampu dibakar mencapai 300 kalori. Aktivitas ini setara dengan berenang santai atau bersepeda.

Bila kamu benar-benar menyukai aktivitas yang satu ini, kamu juga akan mendapatkan pelepasan endorfin, hormon anti stres yang dapat membantu mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh.

Apalagi, radikal bebas ini dapat membuat tubuh mudah sakit, cepat tua dan sel-sel tubuh pun mudah rusak, termasuk sel jantung. Jadi jika ingin jantung tetap sehat dan terbebas dari ancaman penyakit, berkebun dapat menjadi salah satu caranya.

Rajin Bersepeda

Ketiga, aktivitas sederhana lainnya yang bisa membantu mencegah penyakit jantung ialah bersepeda. Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terhindar dari penyakit jantung di usia tua.

Jadi itulah beberapa aktivitas sederhana yang ampuh mencegah penyakit jantung. Kamu bisa menerapkannya secara rutin dengan diikuti pola hidup sehat agar dijauhkan dari penyakit jantung.

Mengetik dengan Posisi Berdiri

Keempat, aktivitas sederhana yang ampuh mencegah penyakit jantung selanjutnya adalah mengetik sambil berdiri. Apalagi, berdasarkan sebuah studi, terlalu banyak duduk dapat meningkatkan risiko kegemukan, diabetes, kanker, sakit jantung dan juga kematian. Pekerja yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk di belakang meja tentunya wajib waspada.

Oleh karena itu, mengetik sambil berdiri bisa jadi solusinya. Kamu bisa menggunakan standing desk untuk menerapkan mengetik sambil berdiri ini. Salah satu manfaat penggunaan standing desk yang sudah terbukti ilmiah adalah stabilnya kadar gula darah.

Setelah makan, kadar gula darah orang yang banyak menghabiskan waktu dengan berdiri lebih cepat kembali normal dibandingkan dengan orang yang banyak duduk. Bila kadar gula darah terjaga tetap stabil, risiko diabetes dan komplikasi penyakit jantung di kemudian hari pun akan lebih mudah dihindari.

Naik Turun Tangga

Terakhir, aktivitas sederhana yang ampuh mencegah penyakit jantung berikutnya adalah naik turun tangga. Hal ini tentunya sangat praktis jika rumah atau kantor kamu memiliki tangga.

Naik turun tangga juga dapat menjadi modal agar kamu terhindar dari risiko penyakit jantung di kemudian hari. Sebuah studi yang dipublikasikan di European Society of Cardiology menunjukkan bahwa naik-turun 100-150 anak tangga setiap minggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 12-20 persen.

Jika aktivitas sederhana ini diikuti dengan perubahan gaya hidup, pola makan sehat dan istirahat cukup, kamu tentunya akan terhindari dari penyakit jantung.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Kenapa Penyintas COVID-19 Belum Bisa Mendapatkan Vaksin Corona
Artikel Selanjutnya
3 Zodiak Paling Murah Hati dan Mengutamakan Kebutuhan Orang Lain