Sukses

Lifestyle

Lezatnya Strawberry Cheesecake Buatan Chef Yuda Bustara di Konser Amal Kreatif Lokal, Intip Resepnya Yuk!

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Ada yang menarik dari acara Konser Amal Kreatif Lokal yang diadakan oleh Adira Finance pada 16 Januari 2021. Salah satu segmennya, yaitu workshop bersama para ikon kreatif, menghadirkan chef keren Yuda Bustara. Bagi yang mengikuti dunia kuliner Indonesia, nama Yuda Bustara bukanlah nama baru di jajaran para chef.

Celebrity chef ini memang dikenal gaya memasaknya yang begitu urban, simple dan mudah banget diterapkan. Chef Yuda juga hobi banget membagikan tips gaya hidup sehat. Menariknya, di acara workshop Konser Amal Kreatif Lokal kemarin, chef Yuda membagikan cara membuat strawberry cheesecake yang begitu lezat. Yuk Intip resepnya!

 

Bahannya Mudah Banget Didapatkan

Jika cheesecake biasanya terdengar ribet, di acara Konser Amal Kreatif Lokal, chef Yuda benar-benar menunjukkan cara membuat strawberry cheesecake yang begitu dibuat di rumah. Ia pun menunjukkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sajian tersebut, antara lain biskuit atau cream crackers, cream cheese, kental manis, susu cair, strawberry jam, dan buah strawberry segar.

Siapkan juga dessert box berukuran kecil sebagai wadah. Jika sudah, campur terlebih dulu cream cheese dan kental manis menggunakan mixer, atau diaduk biasa menggunakan tangan jika tak ada sampai rata.

"Jika sudah, celupkan biskuit ke susu, masukkin ke dessert box. Biskuit ini bisa cream cracker kalau saya menyebutnya, yang bisa menyerap air, jadinya saat dicelupin ke dalam susu segar, bisa menyatu. Lalu bikin layer, biskuit, layer cream cheese, seterusnya sampai penuh. Nanti, lama-lama akan memadat sendiri," ungkapnya.

Cocok Banget Dijadikan Produk Usaha

Lebih lanjut, chef Yuda menyebutkan jika sajian yang dibikinnya tersebut berpeluang jadi produk usaha. Ia melanjutkan, jika bahannya bisa disesuaikan selera. Atau, kalau ingin dijual, bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Selain itu, penggunaan dessert box, bukan saja karena lagi kekinian, tetapi juga bisa meningkatkan nilai jual untuk produk dessert sejenis.

"Kalau diestimasikan, kira-kira total bahan yang saya gunakan ini sekitar Rp100 ribu, bisa jadi 4 box. Kalau satu box bisa dijual Rp100 ribu, jadi bisa untung berkali-kali lipat," katanya menjelaskan.

Sementara untuk cara jualannya bisa menggunakan menggunakan 'Open PO (Pre-Order)' dulu. "Misalnya, kalau sibuk bekerja di hari-hari biasa, bisa bikin saat Sabtu-Minggu, simpan di kulkas, lalu tinggal kirim kalau ada yang pesan. Produk cheesecake biskuit bisa tahan dalam satu minggu," imbuhnya dengan penuh semangat.

Dapatkan Feedback Sebelum Produksi Banyak

Masih dalam kesempatan yang sama, chef Yuda juga membagikan tips yang tepat untuk menjalankan bisnis yang kuliner yang tepat. "Selain menggunakan sistem ‘Open PO’, pastikan untuk mendapatkan feedback dulu. Jadi, jangan buru-buru membuat banyak, bikin secukupnya, tawarkan ke keluarga untuk mendapatkan feedback," jelasnya.

Apabila feedback-nya bagus, mulai perbesar dapur. Manfaatkan keuntungan pertama untuk upgrade peralatan dapur. Selain itu, jangan bosan berinovasi. Misalnya, jangan hanya bikin strawberry cheese cake terus menerus, tapi bisa dikreasikan sesuai keinginan pelanggan atau coba varian apa yang lagi ngetren, seperti matcha cheesecake.

Jangan Bosan Belajar dan Mudah Menyerah

Tak hanya sampai di situ, chef Yuda juga menyarankan untuk menjalankan bisnis kuliner berdasarkan masakan favorit. Bagaimanapun memasak butuh dicicipi, jika tak suka maka akan sulit mengembangkannya, apalagi untuk bisnis kuliner. Kemudian, jangan bosan belajar, karena chef pun juga pernah gagal.

"Pokoknya, cari resep dulu yang pas, cek bahan mentahnya apakah ada di sekitar rumah, baru nanti bisa dipikirkan mau dibikin apa. Mulai saja dulu, walaupun kamu tak yakin akan laku, tak usah langsung buka toko dulu, open PO dulu, lihat feedback-nya. Kalau bagus, baru mulai ekspansi," pungkasnya.

Di samping workshop bersama chef Yuda Bustara, acara Konser Amal Kreatif Lokal juga menghadirkan banyak sekali keseruan, dari workshop serta bincang bersama para ikon kreatif di bidang kuliner, kriya dan fashion. Ada juga hiburan yang dimeriahkan artis ibu kota, seperti Enda dan Oncy UNGU, Denny Caknan, dan Siti Badriah. Selain itu, acara ini juga mengadakan penghimpunan dana yang akan disalurkan untuk membantu UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading