Sukses

Lifestyle

5 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Umum dan Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Fimela.com, Jakarta Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu, oleh pasangan suami istri yang baru saja menikah. Tentu saja kehamilan adalah buah cinta dan anugerah terindah yang didapatkan pasangan suami istri.

Untuk seorang ibu yang baru saja mengalami masa kehamilan, pasti merasa kebingungan dan jarang menyadari, beberapa ciri-ciri hamil muda yang paling awal terjadi.

Ciri-ciri seorang sednag hamil yang paling utama, yaitu mengalami telat haid selama empat minggu setelah pembuahan. Agar tidak bingung, simak artikel berikut ini tentang ciri-ciri hamil muda, yang dilansir dari Liputan6.com:

Ciri-Ciri Hamil Muda

Tubuh Terasa Lelah

Saat hamil muda, biasanya ibu hamil mengalami kelelahan yang disebabkan karena perubahan hormon, kadar gula darah meningkat dan tekanan darah rendah. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil lebih sering mengantuk di bulan-bulan awal hamil.

Perut Kembung

Awal hamil juga bisa ditandai dengan perut kembung, karena sistem pencernaan berfungsi kurang baik, yang menyebabkan perut dipenuhi dengan gas dan susah buang air besar. Tetapi di beberapa kondisi kehamilan, ada juga yang mengalami diare disertai perut kembung.

Morning Sickness

Gejala mual atau morning sickness adalah salah satu ciri-ciri hamil muda  yang paling umum terjadi. Jika terlalu sering mengalami mual, tubuh ibu hamil akan dehidrasi atau kekurangan cairan, sehingga harus mengonsumsi air putih yang lebih banyak dari biasanya, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Keputihan

Sama seperti saat mengalami tanda-tanda haid, ciri-ciri hamil muda ditandai dengan munculnya keputihan normal, yang bertekstur cair, berwarna putih bening dan tidak berbau menyengat.

Sering Buang Air Kecil

Ciri-ciri hamil muda yang terakhir, yaitu bisa ditandai dengan sering buang air kecil. Hal ini disebabkan karena ginjal memproses banyak cairan, yang meningkatkan cairan di dalam kandung kemih dan membuat ibu hamil lebih sering buang air kecil.

Hal yang Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Saat hamil muda, ada beberapa hal yang boleh dan aman diilakukan ibu hamil, seperti mengonsumsi banyak makanan yang memiliki kandungan asam folat, kalsium, zat besi, seng dan serat.

Karena tubuh lebih sering lelah saat hamil muda, maka ibu hamil diperbolehkan untuk tidur selama 9 jam saat malam hari, dan beristirahat atau tidur disiang hari, untuk mengembalikan stamina ibu hamil untuk menjalani aktivitas harian.

Walaupun sedang hamil muda, ibu hamil juga diperbolehkan melakukan olahraga, untuk menjaga sistem imunitas tubuh lebih sehat dan mempermudah proses persalinan. Contoh olahraga yang boleh dilakukan adalah jalan kaki, berenang, yoga atau senam hamil.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil

Ada beberapa aktivitas yang tidak boleh dilakukan ibu yang sedang hamil muda. Seperti mengonsumsi makanan yang mentah, karena bisa menyebabkan keracunan, mengganggu tumbuh kembang janin dan bisa menyebabkan cacat saat lahir.

Ibu hamil juga harus menghindari mengonsumsi alkohol dan menghindari rokok. Karena bisa menyebabkan keguguran, kandungan menjadi kering dan janin bisa mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS).

Hal yang tidak boleh dilakukan ibu saat hamil muda yang terakhir, yaitu tidak boleh menggunakan obat-obatan tertentu, yang tidak sesuai dengan pengawasan dokter. Bahkan saat memilih produk perawatan kulit, ibu hamil juga harus mengonsultasikan dengan dokter, tentang kandungan yang ada di dalam produk tersebut.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil muda, harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Kandungan nutrisi yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah kalsium, karbohidrat, serat, asam folat dan lemak sehat.

Makanan yang memiliki kandunan vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C dan vitamin D, serta makanan dan minuman yang kaya mineral.

Contoh makanan yang bisa dikonsumsi adalah nasi gandum atau nasi merah, ubi, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan telur.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menilik Karakter Perempuan dengan Zodiak Gemini
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Kata-kata Sabar dan Ikhlas agar Hati Tenang dan Damai