Sukses

Lifestyle

5 Tanaman Herbal yang Bermanfaat untuk Menyembuhkan Rematik

Fimela.com, Jakarta Saat usia menginjak 40an, beberapa orang akan mengalami nyeri pada persendian. Tepatnya di bagian pergelangan tangan, jari tangan, lutut atau pergelangan kaki. Nyeri pada persendian ini bisa disebut dengan penyakit rematik.

Sebenarnya penyakit yang memiliki nama lain Rheumatoid Arthritis (RA) ini, tidak hanya menyerang orang tua saja, tetapi juga bisa menyerang segala usia baik perempuan maupun pria, yang disebabkan karena berbagai macam hal.

Penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan kronis ini, dapat disembuhkan dengan menggunakan beberapa macam tanaman herbal. Berikut tanaman herbal yang menyembuhkan rematik, yang bisa kamu coba untuk menyembuhkan rematik yang mengganggu.

Penyebab Rematik

Rematik merupakan penyakit autoimun, yang disebabkan karena sistem imunitas tubuh di dalam manusia, menyerang sel-sel tubuhnya sendiri yang membuat peradangan dan nyeri yang kronis.

Penyakit rematik ini secara umum disebabkan karena faktor keturunan, usia yang menginjak 40 hingga 60 tahun dan obesitas. Walaupun penyakit ini dapat menyerang lelaki dan perempuan, tetapi penyakit ini cenderung menyerang pada perempuan.

Selain itu, rematik juga bisa disebabkan karena faktor gaya hidup yang kurang sehat, seperti terlalu sering mengonsumsi alkohol, kebiasaan merokok, jarang berolahraga, mengonsumsi makanan cepat saji dan lain sebagainya.

Gejala Rematik

Gejala rematik sering kali ditandai dengan rasa nyeri yang menyerang area persendian, akibat adanya pembengkakan pada sendi. Kondisi ini akan terasa sangat nyeri dan mengalami kaku di pagi hari.

Penyakit rematik ini bisa berkembang dan penyebabkan nyeri di seluruh persendian, seperti bahu, siku, pinggul, pergelangan kaki, pergelangan tangan dan lain sebagainya. Dengan adanya gejala awal tubuh seseorang mengalami demam, sering lelah, lemas dan berat badan yang menurun secara drastis.

Jika tidak segera dicegah, penyakit rematik ini dapat menyebabkan pergeseran sendi, ginjal, jantung, sel saraf, pembuluh darah dan sumsum tulang.

Tanaman Herbal yang Menyembuhkan Rematik

Saat mengalami penyakit rematik, biasanya akan diberikan obat seperti obat anti radang yang mengandung steroid atau non steroid, serta diberi vitamin dan suplemen. Bagi sebagian orang yang mengalami persendian kronis, bisa melakukan fisioterapis untuk melenturkan sendi-sendi yang kaku.

Selain menjalani beberapa macam pengobatan medis, penyakit rematik juga bisa dicegah dan disembuhkan dengan beberapa tanaman herbal. Berikut jenis tanaman herbal untuk rematik:

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman herbal yang khasiatnya sudah terkenal di dunia kesehatan. Kandungan di dalam gel lidah buaya, memiliki manfaat yang bisa mengatasi peradangan dan nyeri. Untuk mencegah rematik, kamu bisa mengonsumsi gel lidah buaya. Sedangkan untuk mengatasinya, oleskan gel lidah buaya ke area yang mengalami nyeri.

Jahe

Tanaman herbal yang selanjutnya adalah jahe. Selain bermanfaat untuk menguatkan sistem imunitas tubuh, jahe juga memiliki kandungan sebagai antiinflamasi, yang bisa mengatasi dan menyembuhkan nyeri sendi atau rematik. Caranya dengan mengonsumsi wedang jahe secara rutin.

Kunyit

Selain jahe, rempah-rempah yang dapat menyembuhkan penyakit rematik adalah kunyit. Tanaman herbal ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, yang bermanfaat untuk mengurang rasa nyeri dan peradangan pada area sendi akibat penyakit rematik.

Teh Hijau

Daun teh hijau dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah penyakit rematik. Karena daun teh hijau memiliki kandungan antioksidan, yang dipercaya bisa menguatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Eucalyptus

Tanaman herbal yang terakhir adalah eucalyptus. Ekstrak daun eucalyptus memiliki kandungan tannin, yang dipercaya dapat mencegah dan mengurang rasa sakit akibat nyeri di area persendian. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak eucalyptus di area yang mengalami nyeri.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Urutan Memakai Makeup Mata untuk Pemula
Artikel Selanjutnya
Gejala Gerd dan Cara Menyembuhkannya dengan Mudah