Sukses

Lifestyle

7 Cara Efektif dan Higienis Bersihkan Rumah Setelah Banjir di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Hujan deras membuat Jakarta dan sekitarnya kembali tergenang banjir. Meskipun setiap tahunnya banjir selalu menggenang beberapa daerah, tapi di tahun ini, mengalami banjir di masa pandemi COVID-19 tentu akan jadi hal berbeda.

Untuk membersihkan rumah setelah terendam banjir diperlukan kiat tersendiri. Jika membersihkannya tidak secara seksama dan higienis, maka sisa kotoran pada tempat yaang lembap bisa memicu pertumbuhan jamur dan bakteri, yang bisa sebabkan masalah kesehatan serius.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk bersihkan rumah setelah banjir yang harus dilakukan? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Periksa kondisi rumah

Saat rumah tergenang banjir, biasanya menyebabkan sejumlah kerusakan pada bagian rumah. Cek secara menyeluruh kondisinya. Pastikan kondisi kabel listrik, tabung gas, pipa gas, dan saluran lainnya. Lalu jangan lupa cek konstruksi rumah, karena banjir yang menggenang juga mampu membuat konstruksi rumah rusak.

2. Gunakan peralatan lengkap

Usahakan untuk memakai masker, sepatu bot, dan sarung tangan saat membersihkan rumah. Hal ini untuk melindungi diri dari partikel kuman dan bakteri yang bisa masuk ke paaru-paru dan juga menyebabkan penyakit kulit. Tak terkecuali, dengan penggunaan sepatu bot, maka akan melindungi kaki dari puing dan sampah yang hanyut akibat bajir.

3. Keringkan barang-barang

Selanjutnya angkat barang-barang yang tergenang banjir. Jemur di bawah sinar matahari langsung untuk membunuh jamur dan bakteri. Jangan lupa untuk buka jendela rumah dan pintu, agar rumah tidak lembap.

4. Bersihkan karpet

Tak ketinggalan, bersihkan karpet dengan sabun cuci dan air bersih. Lanjutkan dengan mengeringkannya di bawah sinar matahari. Jangan lupa semprotkan disinfektan untuk kain ataupun barang agar kuman dan bakter mati sempurna.

5. Bersihkan lantai

Saat membersihkan lantai, pastikan semua brang sudah terangkat. Jadi kamu bisa membersihkannya secara menyeluruh. Sikat dan gunakan air bersih untuk membersihkan lantai, jangan lupa untuk siram dengan karbol untuk basmi kuman dan bakteri.

6. Cuci baju

Mencuci baju juga harus dilakukan dua kali. Hal ini berguna agar kotoran dan noda di pakaian hilang sempurna. Langkah awal berguna untuk menghilangkan lumpur dan noda. Langkah selanjutnya untuk membersihkan secara menyeluruh.

7. Steril rumah

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan steril rumah menggunakan desinfektan secara keseluruhan. Fungsinya agar rumah benar-benar bersih dan terbebas dar kuman membandel. Cara ini sangat efektif untuk membuat rumah bersih di masa pandemi Covid-19.

#Elevate women

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Ada Lebih dari Seribu Cinta dalam Pengorbanan Ibu untuk Anaknya
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Kesehatan Minum Air Seduhan Buah Delima untuk Tubuh