Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Wasabi dari Jepang yang Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Fimela.com, Jakarta Jika Sahabat Fimela menyukai makanan yang berasal dari negara Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan wasabi, yaitu penyedap makanan atau yang disebut dengan sambal Jepang, yang memiliki rasa pedas dan bau yang tajam.

Wasabi ini berasal dari tumbuhan rimpang Eutrema japonicum, yang masih sejenis dengan kelompok kubis-kubisan. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di aliran sungai yang bersih dan udaranya sejuk.

Walaupun saat mengonsumsi wasabi, hidung kita bisa berair dan terasa panas karena rasa pedasnya wasabi yang tajam, tetapi wasabi memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut manfaat wasabi yang dilansir dari Brilio.net:

Fakta Tentang Wasabi

Sering kali disebut sebagai lobak pedas, tetapi wasabi berbeda dengan lobak. Walaupun wasabi adalah tumbuhan yang hidup diair dan masih sekelompok dengan tumbuhan lobak, kol dan mustard.

Faktanya, mengonsumsi wasabi tidak membuat lidah dan hidungmu terasa terbakar, karena olahan wasabi yang asli memiliki rasa yang lembut dan tidak terlalu menyengat. Karena sebelum dihidangkan, wasabi diproses dengan penggilingan dan waktu pemrosesan. Jika wasabi terasa sangat menyengat, berarti makanan tersebut bukanlah wasabi, tetapi olahan lobak dan mustard yang diberi warna hijau agar mirip wasabi.

Jika kamu berada di dalam restoran Jepang yang asli, biasanya wasabi akan disajikan dengan parutan langsung oleh pelayanannya, karena rasa asli wasabi mudah hilang dan hanya bertahan kurang lebih 15 menit.

Manfaat Wasabi

Di dalam wasabi, terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti protein, serat, vitamin A, vitamin C, folat, kalsium, magnesium, kalium dan zinc. Berikut manfaat wasabi untuk tubuh:

1. Mencegah Kanker

Wasabi memiliki kandungan isothiocyanates yang berfungsi untuk membunuh sel kanker, sehingga orang yang mengonsumsi wasabi, dapat terhindar dari penyakit kanker dan leukimia.

2. Mencegah Peradangan

Wasabi memiliki senyawa antiinflamasi, yang bisa mencegah peradangan di dalam tubuh. Sering mengonsumsi wasabi bisa meningkatkan sel imun tubuh, agar tidak terinfeksi virus dan cedera yang membuat tubuh meradang.

3. Membersihkan Sistem Pernapasan

Saat mengonsumsi wasabi, sering kali hidung terasa panas dan kemudian mengerluarkan air dari hidung. Hal ini disebabkan karena wasabi bermanfaat untuk membersihkan sistem pernapasan, serta mencegah penyakit sinusitis dan bronkitis.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi wasabi dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, membersihkan racun di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh. Karena sistem pencernaan lancar, maka wasabi juga bisa membantu proses menurunkan berat badan.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Wasabi bisa membantu mencegah penyakit jantung, karena senyawa antiinfamasinya bisa membantu mengurangi peradangan, melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan kadar kolesterol yang jahat.

Tips Mengonsumsi Wasabi

Wasabi biasanya dihidangkan bersamaan dengan makanan Jepang, seperti sushi dan sashimi. Namun di zaman sekarang, wasabi dijual di pasaran dan mudah ditemukan di supermarket atau di swalayan.

Agar tidak salah beli, pilihlah wasabi yang terbuat dari wasabi asli dan bukan perasa saja. Kemudian lihat tanggal produksi wasabi yang terdapat dalam kemasan.

Tips mengonsumsi wasabi agar tidak menyebabkan perut sakit, mual, diare dan gangguan pencernaan lainnya, konsumsilah wasabi sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan. Untuk ibu hamil, seseorang yang sedang mengonsumsi obat dan akan menjalani operasi, hindari mengonsumsi wasabi untuk sementara waktu.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Suka Hidup Teratur, 3 Zodiak Ini Tergolong Perfeksionis
Artikel Selanjutnya
7 Resep Seblak Enak yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah