Sukses

Lifestyle

5 Cara Pilih Tumbler Minum yang Aman dan Sehat, Nggak Cuma Desainnya yang Lucu

Fimela.com, Jakarta Salah satu kebutuhan harian yang nggak boleh lupa adalah konsumsi air minum. Di tengah padatnya aktivitas seperti bekerja, kuliah, olahraga dan lain sebagainya, kadang bikin lupa dan meremehkan soal minum air.

Buat menyiasati hal itu, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah bawa tumbler minum sendiri. Hal ini sekaligus lebih hemat pengeluaran dibanding membeli air minum kemasan dan bisa menghindari berbagi gelas di kantor.

Seiring dengan keberadaanya yang makin dibutuhkan, banyak banget jenis dan desain dari tumbler minum di pasaran. Mulai dari tumbler fungsional yang polos-polos aja, hingga tumbler lucu dan aesthetic yang ampuh dalam menunjang penampilan.

Nggak Cuma desainnya aja lho yang perlu kamu pilah-pilah. Bahan dasar dan kandungan di dalamnya perlu banget kamu perhatiin biar nggak mengganggu Kesehatan. Gimana sih cara pilih tumbler minum yang aman?

Sesuaikan dengan Fungsinya Ya!

Milih tumbler sesuai fungsinya bisa bikin kamu nyaman dengan aktivitas yang dilakukan. Misalnya saat traveling atau hiking, pilih tumbler dengan bahan stainless steel dan mulut botol yang berbentuk seperti tabung. Pilih tumbler yang ringan dan simpel untuk aktivitas harian macam ngantor, olahraga, atau untuk tempat minum anak-anak.

Pastikan Tumbler Kamu Udah BPA Free

Istilah BPA Free pasti sudah jamak muncul di berbagai media. Tapi tahu nggak sih arti dari BPA Free? Bisphenol-A atau disingkat menjadi BPA adalah bahan kimia berbahaya yang sering digunakan pada kemasan minuman dan makanan.

BPA ini bahaya banget jika dikonsumsi, karena bisa berdampak buruk bagi Kesehatan. Mulai dari gangguan otak, kecacatan organ tubuh, kelainan reproduksi, hingga kanker. Dengan adanya tanda BPA Free yang dikeluarkan produsen dan instansi kesehatan, sudah pasti tumbler kamu sudah aman dari risiko bahan kimia berbahaya.

Tanda di Bawah Tumbler Bukan Cuma Hiasan

Kalau kamu melihat tanda yang tercantum di bagian bawah tumbler, itu bukanlah hiasan semata. Tanda yang kamu lihat itu adalah kode food grade yang wajib ada dalam semua kemasan makanan minuman termasuk tumbler.

Tumbler terbaik bagi Kesehatan adalah yang menggunakan bahan low density polyethylene (LDPE) atau polypropylene (PP). Cara mudahnya, tumbler yang aman digunakan secara berulang adalah yang memiliki tanda segitiga dengan angka 5 di bagian bawah. Jika kamu menemukan angka 1,2 dan 4 dalam tanda segitiga, maka tumbler tersebut juga masih dibilang aman untuk digunakan.

Kenali Karakteristik Tumbler Berbahan Dasar Plastik

Nggak sedikit orang yang cuek dengan bahan dari tumbler yang mereka gunakan. Padahal bahan baku dari tumbler ini juga sangat memengaruhi kualitas air yang diminum.

Plastik menjadi bahan dasar yang murah dan banyak dijumpai di pasaran. Beberapa jenis plastik seperti polikarbonat, polyester, atau polietilena adalah bahan yang jamak dijumpai. Kalau kamu punya tumbler berbahan plastik, pastikan terhindar dari paparan sinar matahari langsung agar senyawa kimia dalam plastik nggak mempengaruhi air ya.

Cek Apakah Tumbler Stainless Steel Kamu Masih Layak Pakai?

Demikian pula dengan tumbler berbahan dasar stainless steel. Bentuknya yang kokoh dan bisa diisi dengan minuman panas atau dingin membuat tumbler jenis ini sering dipakai di berbagai aktivitas. Namun tetap perhatikan juga pemakaian serta perawatannya, karena stainless steel bisa mengalami korosi dan berbahaya bagi tubuh. Jika air dalam tumbler sudah berubah rasa, saatnya kamu berhenti memakainya.

Menjaga kesehatan tubuh dengan rutin konsumsi air putih emang penting. Namun jangan lupakan juga media buat penyimpanan air putih seperti tumbler. Pilih yang aman dan sesuaikan dengan penggunaan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading