Sukses

Lifestyle

8 Cara Mudah Membiasakan Diri Bangun Pagi, Menurut Ahlinya

Fimela.com, Jakarta Untuk sebagian orang bangun pagi bukan hal yang mudah. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, aktivitas yang terpusat di rumah tak jarang membuat banyak orang malas bergerak dan memilih tidur seharian.

Padahal, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh pada pagi hari, terutama menjaga tubuh dan perasaan Anda tetap sehat. Dianne M. Augelli, MD, dokter pengobatan tidur bersertifikat di Weill Cornell Medical Center juga menyebutkan bahwa bangun pagi dapat meningkatkan energi lebih besar dan membuat kita lebih produktif sepanjang hari.

Mengubah kebiasaan untuk bangun pagi memang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Berikut ini 8 cara membiasakan diri bangun pagi dari Augelli, yang bisa Anda terapkan.

1. Pahami motivasi Anda

Cara mudah membiasakan bangun tidur lebih awal adalah dengan memahami motivasi diri sendiri. Yaitu dengan jujur pada diri sendiri tentang mengapa Anda mencoba mengubah rutinitas bangun pagi.

Menurut Augelli, jika dilandasi oleh alasan yang kuat maka Anda akan dengan mudah mengubah kebiasaan bangun kesiangan tersebut. Misalnya, agar bisa berolahraga di pagi hari, menyiapkan makanan untuk anak-anak, atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

Dengan memahami motivasi diri, maka secara tidak langsung Anda berkomitmen kepada diri sendiri untuk menjadikannya kebiasaan jangka panjang.

2. Ubah jadwal bangun tidur secara bertahap

Akan jauh lebih mudah mengubah kebiasaan bangun pagi jika Anda memberikan waktu tubuh untuk beradaptasi. Karena itu, Anda harus melakukannya secara bertahap

Augelli merekomendasikan untuk meningkatkan waktu bangun Anda 15 hingga 30 menit setiap minggunya sampai Anda mencapai tujuan Anda. "Tiga puluh menit cukup mudah bagi tubuh kita untuk menyesuaikan diri dengan perubahan besar, seperti satu atau dua jam," katanya.

3. Jangan memaksakan waktu tidur lebih awal

Agar bisa bangun lebih awal, kebanyakan orang memaksakan waktu tidur lebih awal. Padahal, mencoba tidur sebelum merasakan kantuk sebenarnya dapat menyebabkan insomnia lho.

Sebaliknya, Augelli mendorong orang untuk membuat rutinitas waktu tidur yang menenangkan dan pergi tidur hanya ketiga Anda merasa benar-benar lelah."Karena ketika Anda secara bertahap terbiasa dengan waktu bangun pagi, Anda secara bertahap pula akan mulai tertidur lebih awal di malam hari," lanjutnya.

4. Upayakan konsistensi

Banyak orang yang bangun tidur pada waktu yang sangat berbeda antara hari kerja dengan akhir pekan. Padahal kebiasaan ini dapat menggesaer jam internal Anda dan menyebabkan fenomena yang dikenal sebagai "jet lag sosial"

Augelli mengungkapkan, jet lag sosial dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh dan membuat tujuan Anda untuk bangun pagi menjadi jauh lebih sulit. “Tubuh sangat membutuhkan konsistensi,” jelas Augelli.

Jadi jika Anda ingin membangun kebiasaan jangka panjang untuk bangun di pagi hari, Anda harus konsisten melakukannya setiap hari. Pastikan pula Anda mendapatkan tidur yang cukup di malam hari.

5. Dapatkan cahaya di pagi hari

Tubuh kita mengunakan cahaya untuk memberi tahu waktu, jadi mengekspos diri kita ke cahaya pada waktu yang sama setiap pagi dapat membantu kita menyesuaikan ritem siklus tidur alami kita ke bangun tidur yang lebih awal.

Augelli mengungkapkan, idealnya tubuh manusia harus terpapar cahaya selama 30 menit dalam satu jam pertama setelah bangun tidur, dan yang terbaik adalah cahaya dari sinar matahari.

Namun bila cuaca tidak mendukung, maka cukup dengan nyalakan lampu segera setelah Anda bangun dan duduklah sejenak saat Anda bekerja, sarapan, atau menyelesaikan rutinitasl lain. “Itu bisa sangat, sangat membantu,” kata Kenneally.

6. Olahraga di waktu yang tepat

Olahraga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak sehingga membuat Anda dengan mudah bangun lebih awal. Menurut Augelli waktu olahraga yang tepat adalah ketika ada sinar matahari.

Tetapi jika itu tidak memungkinkan karena padatnya aktivitas di pagi hari, maka Anda bisa berolahraga saat dua jam lebih sebelum waktu tidur.Dan jika Anda mencoba tidur pada jam 10 malam. dan Anda berolahraga pada jam 9 malam, Anda tidak akan bisa tidur, karena berolahraga membuat tubuh kita menjadi aktif, " sambungnya.

7. Lakukan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur

Terlibat dalam aktvitas yang merangsang mental sebelum tidur seperti bekerja, membaca berita, atau melihat-lihat media sosial dapat mengaktifan otak Anda, memicu pikiran stres, dan membuat Anda lebih sulit tidur. Akibatnya Anda pun juga akan susah untuk bangun lebih awal.

Sebagai gantinya, Claire Kenneally, MD, spesialis tidur bersertifikat di Chicago Sleep Center menyarankan untuk melakukan rutinitas yang menenangkan sekitar dua jam sebelum tidur. Menurutnya cara ini dapat membantu mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk beristirahat. "Lakukan aktivitas menenangkan seperti membaca, meditasi, yoga, atau berbincang dengan orang tersayang," kata dia.

8. Jangan makan sebelum tidur

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat memicu acid reflux atau silent acid reflux, yang dapat mengganggu tidur Anda. Sehingga pada akhirnya Anda akan sulit bangun lebih awal.

Sebaliknya, rencanakan jadwal tidur sehingga Anda makan malam beberapa jam sebelum waktu tidur. “Itu akan membawa Anda ke jalan yang lebih baik sehingga Anda punya waktu untuk mencerna." ujar Augelli.

Penulis: Hilda Irach

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading