Sukses

Lifestyle

Jenis-Jenis Sudut dan Pengertiannya yang Dipelajari dalam Ilmu Matematika

Fimela.com, Jakarta Dalam pelajaran matematika dasar, kita dikenalkan dengan berbagai jenis sudut, yang bentuknya dihasilkan dari dua garis atau lebih, dengan arah yang menyebar dari satu titik atau disebut titik verteks.

Besarnya sudut disebut dengan satuan derajat, dengan besaran maksimal suatu bidang dan ruang adalah 360 derajat. Ilmu matematika dan geometri mempelajari tentang jenis sudut yang berbeda-beda, ada sudut siku-siku dengan besaran 90 derajat, sudut lancip, sudut tumpul dan lain sebagainya.

Jenis-jenis sudut yang ada dalam ilmu matematika ini, dibedakan menjadi beberapa klasifikasi menurut besaran sudut dan posisi sudutnya. Berikut jenis-jenis sudut dan pengertiannya, yang dilansir dari Liputan6.com:

Jenis Sudut dari Besarannya

Jenis sudut dibedakan dari besaran sudutnya. Mulai dari sudut dengan besaran 0 derajat, hingga sudut penuh dengan besaran 360 derajat. Berikut jenis sudut dari besarannya:

Sudut Nol Derajat (0°)

Jenis-jenis sudut yang pertama adalah sudut nol derajat. Sudut dengan besaran nol derajat (0°) ini, terbentuk karena kedua garis disetiap sudutnya saling berimpit, sehingga sudutnya terlihat seperti garis lurus dan tidak membentuk sudut.

Sudut Lancip (0° < x < 90°)

Jenis sudut yang adalah sudut lancip. Sudut lancip memiliki besaran nol derajat (0°), dengan besaran kurang dari 90 derajat (90°). Menurut ilmu matematika, sudut lancip ditulis dengan rumus notasi 0° < x < 90°. Arti huruf x adalah besaran sudut yang diukur.

Sudut Siku-Siku (90°)

Jenis sudut yang selanjutnya adalah sudut siku-siku, yang membentuk segitiga sempurna dengan besaran sudut tepat 90 derajat. Jenis sudut siku-siku adalah jenis yang paling terkenal daripada jenis sudut yang lainnya.

Sudut Tumpul (90° < x < 180°)

Sudut tumpul adalah salah satu dari jenis-jenis sudut. Sudut tumpul memiliki besaran antara 90 derajat dan tidak lebih dari 180 derajat. Menurut rumus notasi ilmu matematika, sudut tumpul ini ditulis dengan 90° < x < 180°, yang mana huruf x adalah jumlah besaran yang diukur.

Sudut Lurus (180°)

Sudut lurus juga termasuk jenis sudut dalam ilmu matematika dasar. Sudut lurus ini adalah sudut yang memiliki besaran sudut 180 derajat. Sudut ini dikenal dengan sebutan straight angle.

Sudut Refleks (180° < x < 360°)

Jenis-jenis sudut yang selanjutnya adalah sudut refleks. Sudut refleks ini memiliki besaran sudut antara 180 derajat hingga kurang dari 360 derajat. Menurut notasi ilmu matematika, sudut ini ditulis dengan notasi 0° < x < 90°, dengan x merupakan besar sudut yang diukur.

Sudut Penuh (360°)

Jenis sudut menurut besaran yang terakhit adalah sudut penuh. Sudut penuh memiliki besaran penuh yaitu 360 derajat, yang berbentuk lingkaran penuh.

Jenis-Jenis Sudut Berdasarkan Posisinya

Jenis-jenis sudut juga dibedakan berdasarkan posisinya yang terdiri dari sudut bersebelahan, sudut vertikal, sudut komplementer dan sudut supplementer. Berikut penjelasannya:

Sudut Bersebelahan

Jenis-jenis sudut berdasarkan posisinya yang pertama yaitu sudut bersebelahan. Sudut bersebelahan berbentuk tiga garis, yang sudutnya dibentuk dengan satu titik verteks.

Sudut Vertikal

Jenis-jenis sudut yang selanjutnya adalah sudut vertikal. Sudut vertikal mempertemukan dua sudut, yang posisinya bertolak belakang dan membentuk potongan dua garis. Sudut vertikal ini sering disebut dengan sudut tolak belakang.

Sudut Komplementer

Sudut komplementer juga termasuk kedalam jenis-jenis sudut berdasarkan posisinya. Sudut komplementer ini mempertemukan dua sudut yang bersebelahan, yang memiliki besaran tepat 90 derajat atau sudut siku-siku.

Sudut Supplementer

Jenis-jenis sudut berdasarkan posisi yang terakhir, yaitu sudut supplementer. Sudut supplementer adalah sudut yang mempertemukan dua sudut bersebelahan, dengan besaran 180 derajat.

Pengertian Satuan Besaran Sudut

Dalam ilmu matematika, satuan besaran sudut bisa ditentukan dengan derajat atau radian. Derajat adalah satuan untuk mengukur sebuah bidang datar, yang menggunakan simbol derajat (°). Satuan ini menggambarkan 1/360 dari sudut penuh atau lingkarang penuh.

Sedangkan satuan radian adalah satuan untuk menyebut sudut penuh atau lingkaran penuh, yang memiliki besar sudut 360 derajat atau 2π radian. Satuan radian ini digunakan untuk mengukur satuan ukuran sudut pusat lingkaran.

Loading
Artikel Selanjutnya
Deretan Efek Kesehatan yang Mengejutkan dari Mengadopsi Anak
Artikel Selanjutnya
3 Cara Mengolah Kacang Mede Beserta Manfaatnya