Sukses

Lifestyle

Apa Itu Energi Alternatif? Yuk, Bantu Anak Mengenal Solusi Pengganti Bahan Bakar Fosil

Fimela.com, Jakarta Ada saja pertanyaan anak-anak yang terkadang bikin banyak orangtua bingung menjawabnya. Salah satunya, bagaimana jika bahan bakar habis tak bersisa karena terus digunakan. Minyak bumi, batu bara, maupun gas alam memang termasuk energi tidak terbarukan, yang artinya suatu hari nanti akan habis terpakai. Sebagai penggantinya, kini banyak negara maju yang mulai mencari energi alternatif.

Seperti apa? Yuk, ajak anak-anak menonton program Belajar dari Rumah Episode 49 bertema Dicari, Energi Alternatif!

 

Bahan Bakar Fosil akan Habis

Bahan bakar merupakan salah satu kebutuhan manusia yang cukup penting, dari menghasilkan listrik, menjalankan kendaraan, atau sekadar menyalakan kompor. Sayangnya persediaannya mulai terbatas dan suatu saat nanti akan habis terpakai.

Belum lagi pembakaran minyak bumi, batu bara maupun gas alam juga menghasilkan gas CO2 yang memicu pemanasan global. Untungnya, kini mulai banyak teknologi yang dikembangkan untuk memanfaatkan energi terbarukan atau dikenal juga dengan energi alternatif.

Sinar Matahari dan Panas Bumi sebagai Energi Alternatif

Untungnya, alam memberikan banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan menjadi energi alternatif. Salah satunya, sinar matahari yang berlimpah dan dapat diubah menjadi energi listrik. Dengan menggunakan sel-sel surya dalam alat yang disebut panel surya, energi dari sinar matahari akan dikumpulkan dan diubah menjadi energi listrik. Hasilnya, bukan hanya dipakai untuk menjalankan kendaraan listrik tapi juga dimanfaatkan oleh pembangkit listrik tenaga surya.

Selain sinar matahari, jelaskan juga energi alternatif lainnya yang mulai banyak dipakai di beberapa negara, yaitu panas bumi. Minta anak-anak membayangkan untuk menggali tanah hingga 3000 kilometer dalamnya untuk mencapai inti bumi.

Suhunya yang mencapai 6000 derajat Celcius ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan atau akan selalu ada. Kini berkat kemajuan teknologi, mulai dibuat peralatan super canggih untuk memanfaatkan panas bumi sebagai energi untuk membangkitkan listrik untuk rumah-rumah maupun industri.

Proyek Kreatif Minggu Ini

Selain memahami apa saja yang termasuk energi alternatif dan belajar kosakata baru yang berkaitan dengan energi, Kak Lisa akan mengajak para siswa kelas 5 untuk mengikuti Proyek Kreatif Minggu Ini. Masih mengusung tema energi alternatif, anak-anak akan mengenal bentuk menara kincir angin tenaga matahari.

Caranya, cukup browsing di internet dan tentukan bangun ruangnya sebagai langkah awal. Jangan lupa juga untuk menjawab berbagai soal yang diajukan dalam episode Belajar dari Rumah kali ini. Mulai dari menanggapi bacaan, menghitung pecahan, hingga melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.

Meskipun hingga sekarang anak-anak masih harus belajar dari rumah, bukan berarti pengetahuan juga jadi terbatas. Bantu mereka untuk lebih memahami pelajaran pada Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 dengan menonton video Belajar dari Rumah Episode 49. Nantikan episode-episode berikutnya yang dipersembahkan oleh Kemendikbud hanya di TVRI setiap hari pukul 10.30-11.00 WIB! (eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading