Sukses

Lifestyle

Dari Panas Bumi Hingga Cincin Api, Waktunya Nikmati Keseruan Belajar Sains Bersama Anak

Fimela.com, Jakarta Sains selalu bikin anak penasaran dalam setiap pelajaran. Apalagi jika hal tersebut lekat kaitannya dengan apa yang biasa dijumpai anak-anak dalam kehidupan sehari. Tentunya, rasa penasarannya makin besar, untuk tahu kenapa sih hal semacam itu bisa terjadi.

Hal menarik inilah yang didapatkan anak-anak kelas 5 dalam Program Belajar dari Rumah bersama Kemendikbud di TVRI. Dalam episode 50 ini, anak-anak kelas 5 belajar tentang Panel Surya atau Panas Bumi sebagai topik utama pembelajaran. Seperti apa sih keseruannya?

Energi Matahari dan Panas Bumi Ternyata Punya Kelemahan

Di episode kali ini, anak-anak yang dipandu Kak Lisa dijelaskan tentang manfaat energi matahari dan panas bumi yang begitu melimpah. Selain dapat diperbarui lewat serangkaian proses yang terjadi di alam, kedua energi ini ternyata juga memiliki beberapa kelemahan lho.

Sebut saja energi matahari yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan panel surya, ternyata dapat berkurang ketersediaannya saat cuaca sedang mendung atau hujan. Selain itu, panel surya ternyata tak semudah yang dibayangkan pembuatannya. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan energi matahari ini ternyata cukup rumit dan mahal.

Tak hanya itu, pembuatan panel-panel surya juga membutuhkan banyak tempat yang sangat luas, sehingga bisa menganggu kehidupan makhluk hidup lain. Tak jauh berbeda dengan panel surya, penggunaan panas bumi ternyata juga memiliki beberapa kekurangan.

Pemakaian energi panas bumi bisa menyebabkan terlepasnya gas yang berbau seperti telur busuk. Bukan itu saja, pemanfaatan energi panas bumi juga dapat menimbulkan limbah beracun yang mungkin dapat membahayakan lingkungan. Kelemahan lainnya, panas bumi bersifat tidak stabil, sehingga beberapa wilayah penghasil energi panas bumi diperkirakan lama-kelamaan akan mengalami kehabisan.

Lantas, Apa itu Cincin Api?

Indonesia sebenarnya memiliki sumber energi matahari dan panas bumi yang melimpah, karena selain berada di wilayah khatulistiwa juga berada di ring of fire atau wilayah cincin api. Lantas, apa itu cincin api?

Cincin api atau ring of fire adalah wilayah yang dilalui jalur gunung berapi dan pertemuan lempeng-lempeng bumi. Indonesia termasuk negara di daerah tersebut. Di daerah cincin api, biasanya sering terjadi letusan gunung berapi dan gempa bumi.

Belajar Kinerja Genset dan Jaring-Jaring Balok

Energi listrik tidak terus-terusan tersedia, kadang terganggu karena adanya pemadaman. Namun, saat ini terjadi, ada alat bantu bernama genset. Di episode ini pun anak-anak memahami cara kerja genset, hingga kenapa bentuknya balok. Alasannya, agar genset mudah ditempatkan di berbagai tempat.

Lebih lanjut, anak-anak juga belajar tentang jaring-jaring balok lewat beragam percobaan sederhana. Anak-anak kelas 5 juga belajar tentang kata hubung yang menunjukkan persamaan antara dua hal, contohnya 'seperti' dan 'demikian juga'. Selain itu, mereka juga dikenalkan dengan kata hubung yang menunjukkan perbedaan, berupa 'tetapi', 'namun' dan 'sedangkan'.Saksikan keseruan belajar sains ini dalam Program Belajar dari Rumah bersama Kemendikbud yang dapat ditonton setiap hari Senin-Jumat. Adapun jadwal anak kelas 5 pada jam 10.30-11.00 WIB hanya di TVRI. Jadi, jangan sampai ketinggalan setiap episodenya, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading