Sukses

Lifestyle

Cerita tentang Geolog Muda yang Berburu Panas Bumi, Media Belajar Seru Bersama Anak

Fimela.com, Jakarta Sains sering dianggap sebagai pelajaran berat yang nggak disukai anak-anak. Padahal, jika dijelaskan dengan sederhana, sains bisa menjawab berbagai pertanyaan yang sering bikin si kecil penasaran di rumah. Belajar tentang sains sederhana juga bisa dilakukan dengan berbagai media yang menyenangkan. Misalnya mempelajari konsep panas bumi lewat tayangan video dan cerita yang tersaji dalam program Belajar dari Rumah episode 52 untuk siswa kelas 5 SD yang dihadirkan oleh Kemendikbud.

Mendengarkan Cerita Geolog Muda dan Sumber Panas Bumi

Video Belajar dari Rumah episode 52 menghadirkan Ibu Lana yang membacakan cerita tentang geolog muda yang sedang berburu sumber panas bumi. Diceritakan mereka berada di wilayah dekat dengan gunung berapi mencari batuan yang menghasilkan energi panas bumi untuk digali. Setelah perjuangan panjang, akhirnya tim geolog muda ini berhasil menemukan sumber yang dicari. Wah, senangnya!

Dari cerita yang dibacakan oleh Ibu Lana, siswa kelas 5 SD bisa belajar pentingnya profesi geolog untuk kehidupan manusia. Jika tidak ada geolog, pastinya manusia akan kesulitan menemukan sumber energi yang bermanfaat sehingga aktivitas jadi terhambat. Selain itu, anak-anak juga banyak mempelajari kosa kata baru yang menambah wawasan.

Setelah mendengar cerita tentang geolog muda, Kak Lisa kemudian memberikan penjelasan tentang energi panas bumi atau yang disebut juga sebagai geothermal. Istilah ini artinya adalah energi panas yang berasal dari dalam bumi dan terbentuk karena ada panas yang tersimpan. Di permukaan bumi, sistem geothermal dicairkan oleh munculnya mata air panas, fumarol atau lubang pada kulit bumi yang mengeluarkan uap dan gas, tanah beruap, serta batuan yang telah berubah oleh proses reaksi dengan air panas.

Pentingnya Energi Alternatif Sebagai Sumber Daya Penghasil Listrik

Di tengah momen belajar di rumah seperti sekarang ini, kehadiran listrik sangat penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Kebayang dong gimana kalau tiba-tiba mati listrik saat lagi belajar, laptop dan komputer tidak bisa menyala sehingga proses belajar pun terhambat. Inilah pentingnya punya energi alternatif sebagai sumber daya penghasil listrik.

Di video episode sebelumnya, teman-teman kelas 5 SD sudah belajar cara untuk menghasilkan listrik. Kak Lisa mengingatkannya kembali nih lewat beberapa cara, misalnya dengan bahan bakar minyak yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan generator sehingga menghasilkan listrik. Ada juga batu bara yang dibakar untuk menghasilkan uap untuk menggerakkan turbin, atau yang dikenal juga dengan istilah PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap).

Selain itu, panel listrik bisa digunakan untuk menggerakkan PLTA yang memanfaatkan tenaga air untuk dikumpulkan pada bendungan besar yang dialirkan untuk memutar turbin sehingga menghasilkan listrik. Namun, bagaimana jika arus air tidak sederas bendungan? Ternyata, air tetap bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir air dan menghasilkan listrik dalam jumlah yang lebih kecil, atau yang biasa disebut PLTA mini.

Ternyata, ada banyak pembelajaran seru yang bisa diulik dari energi panas bumi kan? Masih ada yang belum dipahami? Tenang, kamu bisa mengikuti materi pembelajaran lainnya untuk meningkatkan pemahaman. Yuk, tonton program Belajar dari Rumah untuk siswa kelas 5 SD setiap Senin-Jumat jam 10.30-11.00 WIB hanya di TVRI.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading