Sukses

Lifestyle

5 Alasan Perceraian Terjadi Walau Usia Pernikahan Sudah Sangat Lama

Fimela.com, Jakarta Pernikahan adalah sebuah fase baru dalam kehidupan. Untuk mempertahankannya, dibutuhkan usaha dan komitmen, serta kasih sayang dan rasa toleransi yang tinggi. Pernikahan abadi tentu tak dimiliki banyak orang. Kini, kabar perceraian semakin banyak. Apalagi di masa pandemi yang terjadi. Baik pasangan tua, muda, usia pernikahan baru hingga pernikahan berpuluh-puluh tahun, tak luput dari perceraian. 

Sebuah keputusan dan kondisi yang dihindari banyak orang memang tak luput dari fakta yang ada. Lalu sebenarnya, apa yang menyebabkan terjadinya perceraian meskipun usia pernikahan sudah berjalan lama, bahkan hingga puluhan tahun? Seperti yang dilansir dari Liveabout,com, simak alasannya berikut ini. 

1. intimasi yang berkurang

Hasrat menggebu dan cinta membara di usia muda tentu akan memudar seiring berjalannya waktu. Bahkan seks yang dahulu menjadi ‘bumbu’ hubungan, seiring berjalannya usia pernikahan tak lagi menyenangkan seperti dahulu. Oleh sebab itu, biasanya hubungan juga akan jadi memudar. Hal ini juga bisa jadi salah satu pemicu terjadinya perceraian pada pernikahan.  

2. Ingin sesuatu yang lebih baik dalam kehidupan

Di saat kamu menikah dan merasa segala mimpi yang tak bisa lagi terwujud,  lambat laun hal ini bisa jadi sebuah masalah yang bisa menyebabkan perceraian. Bosan akan hubungan dan hidup yang rasanya monoton, membuat kamu menginginkan hal yang lebih baik, menginginkan kembali mengejar mimpi yang tertunda. Oleh sebab itu, hal ini juga  menjadi salah satu faktor perceraian yang kerap terjadi. 

3. Keinginan mandiri

Sejak menikah semua serba didapat, hidup menjadi lebih mudah, apapun yang kamu inginkan, suami atau istri bisa memenuhinya. Meskipun tampak sempurna, ternyata, banyak pasangan yang merasa tidak memiliki kemandirian yang membuatnya menjadi ingin lebih mandiri tanoa dukungan pasangan dan keluarga. 

4. Perceraian sudah jadi hal yang biasa saja

20 atau 30 tahun lalu, perceraian dianggap hal yang memalukan. Tapi kini sudah tidak lagi, bahkan perceraian sudah menjadi hal biasa yang terjadi di masyarakat. 

5. Terlalu banyak menghabiskan waktu bersama

Perceraian yang terjadi di masa tua bisa juga diakibatkan oleh rasa jenuh akibat terlalu banyak menghabiskan waktu bersama. Hal ini kerap disebabkan oleh pasangan yang memasuki masa pensiun dan banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga membuat kehadirannya jadi tidak nyaman. 

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Studi Membuktikan, Cara Berterima Kasih Seperti Ini Justru Menghancurkan Cinta
Artikel Selanjutnya
Tanpa Disadari, 4 Perilaku Ini Bisa Menghancurkan Rumah Tanggamu