Sukses

Lifestyle

Pengertian Interover dan Kelebihannya di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Introver adalah sebuah kepribadian yang sering dikenal sebagai kepribadian yang tertutup, kurang suka berada di tempat yang ramai, pendiam dan suka menyendiri. Kepribadian ini sangat berbeda dengan ekstrover yang lebih suka kehidupan sosial.

Sering dibandingkan dengan orang yang ekstrover, padahal kepribadian introver ini juga memiliki banyak kelebihan, yang bisa ditunjukkan dalam kehidupan sosial, apalagi di dalam dunia pekerjaan.

Sebagian orang juga memandang kepribadian introver sama halnya dengan social anxiety atau shyness. Padalah seorang introver belum tentu memiliki gangguan kecemasan atau pemalu. Kepribadian introver juga memiliki sikap yang menarik, hangat dan menarik perhatian.

Tentu saja setiap kepribadian pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar tidak salah menilai kepribadian seseoran, yuk simak artikel berikut ini tentang pengertian interover dan kelebihannya di tempat kerja, dilansir dari Liputan6.com:

Pengertian Introver

Ada 3 tipe kepribadian yang sering dikenal masyarakat, yaitu kepribadian ekstrover, introver dan ambiver. Ketiga kepribadian ini memiliki ciri khas kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang bisa menarik perhatian setiap individunya.

Dilansir dari data Huffington Post, ada kurang lebih 25-40 persen orang di dunia ini memiliki kepribadian introver. Seseorang yang memiliki kepribadian introver, cenderung memiliki cara berpikir yang tenang, pintar mengambil keputusan dan tidak menyukai keramaian.

Seseorang yang memiliki kepribadian introver, tidak terlalu menyukai keramaian karena bisa menguras energinya. Ia hanya berbicara seperlunya dan tidak terlalu suka mencari perhatian.

Orang introver juga suka bersosial, tetapi tidak bisa dalam waktu yang lama dan membutuhkan waktu untuk menyendiri, untuk mengembalikan energinya yang terkuras.

Ciri-Ciri Introver

Seseorang yang introver sering disamakan dengan pemalu atau orang yang mengalami gangguan kecemasan sosial. Padahal seseorang yang introver juga bisa bersosialiasi. Bahkan banyak orang introver yang memiliki sahabat dan disukai di dunia kerja, walaupun lingkungan pertemanannya tidak seluas seseorang dengan kepribadian ekstrover.

Orang yang introver memiliki ciri-ciri yang mawas diri dan rasa keingin tahuan yang kuat. Ia akan berpikir dengan matang, sebelum memutuskan untuk bertindak sesuatu atau merencanakan sesuatu dengan matang.

Sebelum berbicara, orang introver akan berpikir terlebih dahulu dan akan menjawab pertanyaan dengan berpikir dulu. Jika ingin menyampaikan pendapat, orang introver akan memikirkan pendapatnya terlebih dahulu, agar pendapat yang disampaikan sesuai dengan fakta.

Karena kepribadian introver ini sangat suka berpikir sebelum bertindak, tak heran kalau ia sangat pintar mengambil keputusan. Bahkan seorang introver bisa dijadikan sahabat yang baik, karena mereka adalah seorang pendengar yang handal.

Kelebihan Introver di Tempat Kerja

Fokus

Kelebihan introver yang pertama adalah fokus saat bekerja. Seorang introver memiliki konsentrasi yang tinggi, sehingga ia pintar untuk menyelidiki, menganalisis dan mencari jalan keluar, untuk menyelesaikan masalah yang ada di kantor.

Tenang

Dalam menghadapi masalah yang ada di dunia kerja, seseorang dengan kepribadian introver akan lebih tenang, dan tidak panik saat menghadapi sebuah masalah atau saat melakukan kesalahan. Karena seorang introver adalah pemikir yang cermat dan selalu berhati-hati, maka ia akan tenang dan tidak bertindak impulsif.

Pintar Menulis

Seorang introver memiliki kelebihan yaitu pintar menulis, yang menggunakan pengamatan dan pemikirannya, untuk menulis dan menyelesaikan beberapa pekerjaan kantor, dengan lebih terstruktur dan penuh dengan pengetahuan yang sesuai fakta.

Kreatif

Kelebihan introver yang selanjutnya, yaitu memiliki kreativitas yang sangat tinggi. Karena seorang introver lebih sering menghabiskan waktunya untuk sendiri, dengan berpikir tentang banyak hal, sehingga ia memiliki berbagai macam ide dan bisa diwujudkan dengan keterampilannya yang tinggi.

Pendengar yang Baik

Seorang introver ahli dalam mengumpulkan data dari mendengarkan informasi. Sehingga ia berbakat dalam membangun sebuah bisnis, membangun kepercayaan dengan orang dan sangat bijaksana dalam memutuskan segala sesuatu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading