Sukses

Lifestyle

7 Tips Agar Tidak Takut Jarum Suntik Saat Vaksin

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini pemerintah mulai mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia menjalani vaksin, untuk mencegah penularan virus corona, agar pandemi yang menyerang di negara ini segera berakhir.

Namun sayangnya sebagian orang masih ada yang menolak melakukan vaksin, dengan alasan takut dengan jarum suntik. Rasa takut tersebut dikenal dengan istilah trypanophobia.

Walaupun rasa takut ini sangat wajah dialami sebagian orang, tetapi rasa takut ini harus diatasi agar tetap mendapatkan vaksin corona. Untuk mengatasi rasa takut tersebut, berikut tips agar tidak takut jarum suntik saat vaksin, dilansir dari berbagai sumber:

 

Mengenal Trypanophobia

Trypanophobia merupakan gangguan kecemasan yang dialami seseorang, saat melakukan tindakan medis yang menggunakan jarum dan suntikan, seperti tindakan vaksinasi, pembiusan, pengambilan sampel darah dan lain sebagainya.

Menurut John Mayer, PhD seorang psikologis klinis dan penulis buku Family Fit: Find Tour Balance In Life, pobia ini juga meliputi ketakutan terhadap ketidaktahuan tentang sesuatu yang akan masuk ke dalam tubuh, sehingga orang yang mengalami pobia ini tidak bisa mengontrol tentang kecemasan, yang dialami saat mengalami tindakan penyuntikan.

Saat trypanophobia menyerang seseorang, maka orang tersebut akan mengalami penurunan tekanan darah, pingsan, jantung berdetak kencang, serangan panik dan overthinking.

Tips agar Tidak Takut Jarum Suntik

1. Menentukan Jadwal Vaksin

Tips yang pertama agar tidak takut jarum suntik saat vaksin, yaitu menentukan jadwal vaksin dan jangan mendadak. Sehingga kamu bisa mempersiapkan mental dengan matang, untuk menghadapi ketakutan terhadap jarum suntik.

2. Fokus dengan Kesehatan

Saat akan disuntik, fokuslah dengan hasil akhir yang berdampak positif terhadap kesehatanmu. Janganlah terlalu fokus dengan jarum suntik, agar kecemasan tidak mengganggu pikiranmu.

3. Ajak Teman untuk Mengobrol

Tentu saja saat waktu vaksin tiba, rasa panik dan cemas akan muncul seketika. Ajaklah teman atau keluarga untuk menemani saat vaksin, untuk membantu mengalihkan perhatianmu dengan mengobrol santai, dan membantu mengalihkan perhatianmu dari vaksin.

4. Afirmasi Positif

Tips yang selanjutnya adalah melakukan afirmasi positif. Tanamkan di dalam pikiran alam bawah sadarmu, kalau proses penyuntikan vaksin hanya sebentar saja. Rasa sakit yang dialami hanya beberapa detik dan diganti dengan kesehatan. 

Tips Agar Tidak Takut Jarum Suntik yang Selanjutnya

5. Memberitahu Perawat

Tips yang selanjutnya adalah tidak perlu malu memberitahu perawat, kalau kamu sangat takut dengan jarum suntik saat vaksin. Perawat akan membantu menenangkan kepanikan dan kecemasanmu, serta membantu perawat untuk bersiap jika kamu pingsan.

6. Melakukan Pernapasan

Untuk menghilangkan rasa takut terhadap jarum suntik, kamu bisa melakukan beberapa teknik pernapasan untuk menenangkan pikiran, atau menggunakan alat bantu seperti stress ball atau musik tenang.

7. Memberikan Reward

Setelah berhasil melakukan penyuntikan vaksin, berikan reward untuk dirimu sendiri, sebagai rasa terimakasih terhadap diri sendiri karena berhasil melawan rasa takut.

Semoga tips ini bermanfaat ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional, Ketahui Jenis dan Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
Ambigu adalah Ketaksaan dalam Kata dengan Beragam Makna, Kenali Jenis-Jenisnya