Sukses

Lifestyle

Pariwisata Kembali Bangkit, Denpasar Bali Semakin Aman Bebas Rabies

Fimela.com, Jakarta Pesona keindahan Bali serta ragam budaya yang hadir membuat pariwisatanya selalu menarik perhatian untuk dikunjungi. Kali ini, berita baik kembali diumumkan, karena Denpasar bebas rabies selama empat tahun ini. Menurut rilis yang dikirimkan oleh Yayasan Seva Bhuana, Kabid Keswan Distan Denpasar telah mengumumkan status bebas rabies. 

Rabies yang merupakan penyakit zoonosis dan menjadi penyakit endemis di Bali telah banyak memakan korban. Akhirnya, Bali memberlakukan vaksinasi massal sehingga jumlah kasus rabies di Bali menurun signifikan. Upaya yang dilakukan antara Dinas Pertanian Kota Denpasar Bidang Kesehatan Hewan sebagai satu-satunya dinas Pertanian yang melakukan kerjasama secara legal dengan yayasan-yayasan yang bergerak di bidang kesejahteraan hewan bahkan berhasil menjadikan kota Denpasar bebas rabies selama 4 tahun terakhir. 

Strategi yang dilakukan juga tak sebatas pada vaksinasi saja, tapi juga diiringi dengan program sterilisasi massal, yang menyasar anjing liar ataupunan anjing Bali berpemilik yang dilepas-liarkan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi populasi anjing sebagai hewan pembawa rabies (HPR) secara signifikan. 

Melakukan ragam inisiasi

Sejak tahun 2017 hingga tahun 2020, Dinas Pertanian Denpasar bekerjasama dengan yayasan kesejahteraan hewan dan sudah melakukan sterilisasi terhadap 5000 ekor anjing. “Kegiatan sterilisasi yang dilakukan bersama yayasan ini berperan besar dalam mengendalikan angka populasi anjing, sehingga sangat berkontribusi dalam penurunan angka rabies di Denpasar. Dari 5000 anjing itu bisa berkembang menjadi 60.000, bayangkan apa jadinya jika kita tidak melakukan sterilisasi massal”, ungkap Nyoman Sugiri, Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar saat ditemui pada acara pelaksanaan vaksinasi sterilisasi anjing dan kucing yang bekerjasama dengan Yayasan Seva Bhuana pada tanggal 25 Februari 2021 lalu. 

Sterilisasi dan vaksinasi rabies dilakukan terhadap 25 ekor anjing dan kucing, dalam rangka perayaan HUT Kota Denpasar ke 233. Hingga saat ini, Yayasan Seva Bhuana telah melakukan sterilisasi terhadap 4588 anjing dan kucing selama bekerjasama melaksanakan sterilisasi dengan Distan Denpasar. 

Pemerataan jangkauan vaksinasi dan sterilisasi hingga ke seluruh wilayah Bali

Disertai dengan animo masyarakat yang tinggi dan dukungan beragam pihak, maka diharapkan kegiatan vaksinasi massal antara pemerintah dan Yayasan bisa terus berlangsung hingga ke daerah lain di Bali dan mampu menurunkan angka rabies seperti yang terjadi di kota Denpasar menuju Bali bebas rabies. 

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Locavore Membawa Pengalaman Kuliner Lebih Dekat Sambil Nikmati Keindahan Uluwatu
Artikel Selanjutnya
AQUA Temukan Cara Mengelola Sampah Plastik dari Budaya Lokal Bali