Sukses

Lifestyle

Kucing Mendadak Malas Main, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Menjadi kesenangan tersendiri saat mengajak kucing bermain. Namun, saat menggoyangkan mainannya, hewan peliharaanmu tampak kurang antusias dan enggan menuruti ajakanmu untuk bermain.

Padahal, anabul seharusnya selalu suka bermain, bahkan saat usianya sudah cukup tua. Meskipun terkadang memiliki momen untuk memilih bermalas-malasan, ada beberapa penyebab yang bisa diamati.

Tidak Bermain dengan Benar

Terkadang jenis permainan yang kurang tepat membuat kucing enggan bermain. Butuh ketelitian dari pemilik anabul untuk memahami jenis permainan yang disukai oleh hewan peliharaannya. Pasalnya, belum tentu semua kucing menyukai cara bermain yang sama dan hal ini menyurutkan minatnya untuk bersenang-senang.

Kurang Stimulasi

Kucing terkadang membutuhkan dorongan untuk bermain, sebagai cara tepat untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mentalnya. Permainannya sendiri pun sebaiknya meniru pola berburu di alam liar, seperti menguntit, berlari dan menerkam, melemparkan mainan, dan berikan waktu untuk beristirahat. Setelah beberapa kali pengulangan, anabukmu akan menunjukkan tanda-tanda sudah cukup bermain.

Pengaruh Usianya

Saat mencapai usia yang cukup tua, beberapa kucing masih suka bermain tapi dengan kecepatan dan antusias yang lebih rendah. Pemilik anabul masih bisa memberikan dorongan untuk bermain demi menjaga kesehatannya, tapi jangan membuatnya terlalu lelah.

Apalagi, hewan peliharaan yang cukup berumur biasanya mulai menderita gangguan kesehatan seperti radang sendi. Pilih permainan yang bisa dilakukan dengan duduk misalnya menggeser mainan dengan tongkat.

Gangguan Kesehatan

Berbagai kondisi kesehatan dapat membuat kucing tidak suka bermain. Cacingan, kutu, Infeksi Saluran Kemih (ISK) hanya beberapa di antaranya. Jika anabulmu tampak kesakitan saat buang air kecil dan kehilangan nafsu makan, ada kemungkinan terkena ISK dan harus dibawa ke dokter hewan. Selain itu, lakukan pencegahan kutu dan cacing, untuk memastikan hewan peliharaanmu tidak terganggu oleh keberadaan parasit.

Stres

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kucing stres dan dapat membuatnya malas bermain. Pindah rumah, memperoleh hewan peliharaan baru, atau mengubah lingkungan di sekitar anabul bisa membuatnya merasa cemas.

Berikan waktu pada hewan peliharaanmu untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru dan terus berusaha membujuknya dengan lembut untuk bermain. Jika perlu, gunakan treat sebagai hadiah di akhir permainan, seperti Muezza dengan varian rasa favorit kucingmu.

Selain memiliki 4 varian rasa yang disukai oleh anabul, brand makanan kucing kering ini juga mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang, untuk menjaganya tetap sehat dan aktif. Dibuat dari bahan alami dan bebas bahan tambahan sintetik, pemilik kucing pun bebas was-was saat memberikan Muezza secara langsung.

Pasalnya, cat food ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bebas cemas saat memegang dry food, menyimpannya, atau membersihkan peralatan makan dan mainannya, dapatkan Muezza dengan berbagai keunggulannya di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. (*/wri)

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading