Sukses

Lifestyle

5 Cara Mencuci Sayur yang Baik dan Benar

Fimela.com, Jakarta Cara mencuci sayur dengan baik dan benar sangat penting untuk dilakukan, karena kalau tidak benar saat mencuci sayur, bakteri dan pestisida masih belum hilang dan bisa mengganggu kesehatan.

Jadi sebaiknya sayur harus dicuci dulu sampai bersih sebelum dimakan, untuk menghindari berbagai macam resiko kesehatan, yang disebabkan karena pestisida dan bakteri yang menempel di sayur mentah. Begitu juga saat mengonsumsi buah-buahan.

Cara mencuci sayur dengan baik dan benar sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Sahabat Fimela tidak perlu menggunakan alat khusus yang harganya mahal, atau menggunakan bahan yang susah untuk mencuci sayuran. Cara mencuci sayur ini juga bisa diterapkan untuk mencuci buah-buahan. Berikut cara mencuci sayur dengan baik dan benar, dilansir dari Liputan6.com:

 

Bahaya Pestisida Pada Sayuran

Pestisida adalah zat kimia yang menempel pada sayur yang masih mentah. Pestisida ini memiliki fungsi untuk mencegah hama, agar tidak merusak sayuran. Mengonsumsi pestisida yang menempel di sayur mentah yang belum dibersihkan ini, bisa berbahaya dan mengganggu kesehatan di tubuh manusia.

Jika tidak sengaja mengonsumsi sayuran yang tidak terlalu bersih dan masih ada kandungan pestisida dalam dosis rendah, tubuh manusia bisa mengalami kerusakan sel di dalam tubuh, yang menyebabkan iritasi mata, iritasi kulit, susah bernapas, pusih dan muntah.

Sedangkan bahaya mengonsumsi pestisida dengan dosis tinggi, bisa memicu kematian, penyakit kanker, penyakit parkinson, gangguan reproduksi, gangguan kehamilan dan penyakit kronis lainnya.

 

Bahan untuk Merendam Sayur Sebelum Dicuci

Sebelum mencuci sayuran, ada baiknya kita merendam sayur dengan bahan yang bisa menghilangkan pestisida. Karena mencuci sayur dengan sabun kurang efektif untuk menghilangkan pestisida. Berikut bahan yang bisa menghilangkan pestisida:

Air Cuka

Menurut sebuah penelitian dalam publikasi jurnal penelitian Food Control, merendam sayur di dalam air cuka bisa menghilangkan residu pestisida yang menempel di sayur mentah. Caranya dengan merendam sayur selama 20menit dalam 1 cangkir cuka yang dicampur 3cangkir air bersih.

Air Garam

Bahan yang selanjutnya adalah garam. Walaupun garam memiliki rasa yang asin, tetapi garam bisa membantu menghilangkan pestisida yang menempel di sayuran. Caranya dengan merendam sayur selama 20menit dengan 1 sendok teh garam dan 10sendok teh air bersih.

Soda Kue

Bahan yang terakhir adalah soda kue. Soda kue memiliki kandungan yang bisa membantu mengangkat residu pestisida yang menempel di sayur. Caranya dengan merendam buah selama 20menit dengan 2 sendok teh soda kue yang sudah di larutkan dalam 1 liter air bersih.

Cara Mencuci Sayur

1. Mencuci Tangan

Sebelum mencuci sayur, lebih baik mencuci tangan terlebih dahulu agar sayur tetap bersih. Kemudian pisahkan sayuran yang masih segar dengan sayur yang busuk atau rusak. Kamu bisa memotong bagian sayuran yang rusak terlebih dahulu.

2. Rendam Sayuran

Setelah mencuci tangan dan memisahkan sayuran, rendamlah sayuran dengan bahan-bahan yang bisa menghilangkan racun pestisida, sebelum mencuci sayuran dengan air dan sabun.

3. Gunakan Air Mengalir

Usahakan mencuci sayur dengan air mengalir, agar kotoran dan pestisidanya bersih dari sayur. Bersihkan mulai bagian yang paling kotor hingga kotoran yang menempel bersih.

4. Gunakan Sabun Khusus Sayur

Tak hanya dicuci dengan air mengalir saja, sayur juga harus dicuci dengan sabun khusus untuk mencuci sayur. Gunakan sabun yang memiliki kandungan jeruk, karena bisa membantu membunuh bakteri dan menghilangkan residu pestisida.

5. Kering dan Simpan dengan Benar

Jika sudah selesai mencuci sayuran, keringkan sayuran dengan tisu dapur atau handuk yang lembut. Kemudian simpan dan letakkan sayuran di wadah yang kering dan bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading