Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengonsumsi Kopi yang Menyehatkan saat Sahur

Fimela.com, Jakarta Kopi memiliki kandungan kafein yang dipercaya bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Namun kopi adalah minuman yang sangat populer dan disukai masyarakt, karena kopi bisa membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa mengantuk.

Banyak orang senang mengonsumsi kopi di pagi hari agar semangat menjalani aktivitas harian. Pada saat menjalankan ibadah puasa, minum kopi bisa dilakukan saat sahur, tetapi hal ini harus diwaspadai para penderita asam lambung dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain menyebabkan masalah pada gangguan pencernaan, mengonsumsi kopi juga bisa menyebabkan susah tidur, detak jantung lebih cepat, pusing, gelisah dan lain sebagainya. Untuk menghindari berbagai macam efek negatif akibat mengonsumsi kopi saat sahur, berikut cara mengonsumsi kopi yang menyehatkan saat sahur, dilansir dari Liputan6.com:

Kandungan dalam Secangkir Kopi

Mengonsumsi secangkir kopi di saat sahur, bisa meningkatkan stamina dan mencegah ngantuk. Karena di dalam secangkir kopi, terdapat banyak kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa. Berikut kandungan dalam secangkir kopi:

1. Kafein

Hampir semua orang pasti sudah mengetahui, kalau di dalam kopi memiliki kandungan kafein yang bisa membantu menahan kantuk. Kafein ini merupakan alkaloid plant atau zat yang ada di dalam nikotin tetapi dosisnya rendah.

2. Air

Air adalah zat penting yang ada di dalam secangkir kopi, yang memiliki fungsi untuk melarutkan minyak dan rasa dalam biji kopi. Untuk membuat kopi yang menyehatkan, campurkan 1,25% bubuk kopi dengan 98,67% air hangat.

3. 2-Ethyphenol

Ethyphenol adalah zat yang membuat aroma kopi menjadi wangi dan khas. Aroma ini akan terasa saat mengonsumsi kopi, dan akan tinggal di dalam mulut. Sehingga untuk mencegah bau mulut setelah mengonsumsi kopi, jangan lupa untuk menggosok gigi dan berkumur.

4. Quinic acid

Dalam secangkir kopi, terdapat kandungan quinic acid yang merupakan zat pemberi rasa asam pada kopi. Kadar keasaman kopi bisa berbeda-beda, terkandung takaran dan jenis kopi yang digunakan dalam secangkir kopi.

5. Acetylmethylcarbinol

Selain rasa asam, terkadang akan muncul rasa gurih saat kita mengonsumsi secangkir kopi. Acetylmethylcarbinol adalah zat yang memiliki rasa gurih di dalam sebiji kopi. Zat inilah yang membuat rasa kopi menjadi sedikit gurih.

6. Trigonelline

Kopi memang terkenal dengan rasa pahit. Tetapi ada juga kopi yang memiliki rasa manis, karena kopi memiliki kandungan trigonelline yang merupakan zat manis.

7. 3,5 Dicaffeoylquinic

Secangkir kopi juga memiliki kandungan dicaffeoylquinic, yang memiliki sifat sebagai antioksidan. Zat ini bisa membantu melindungi tubuh dari radikal sehat, sehingga kopi bisa membuat tubuh lebih sehat.

Manfaat Kopi

Setelah mengetahui kandungan yang ada di dalam secangkir kopi, kita jadi tahu kalau kopi memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, asalkan dikonsumsi dengan dosis yang tepat. Untuk menghindari masalah gangguan pencernaan, kamu bisa mengonsumsi maksimal 1 gelas kopi dalam sehari.

Mengonsumsi kopi hitam tanpa gula atau susu, bisa membantu menyembuhkan beberapa macam penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, risko penyakit alzheimer, mencegah kanker, meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan meningkatkan stamina. Karena kopi memiliki zat antioksidan yang bisa menjaga kesehatan tubuh.

Selain baik dikonsumsi, bubuk kopi juga bisa dijadikan sebagai masker wajah atau tubuh, yang memiliki fungsi sebagai menenangkan wajah yang iritasi, mencegah tanda-tanda penuaan dini, mengatasi kemerahan, mencegah jerawat, menghilangkan mata panda dan mencegah hiperpigmentasi kulit.

Cara Mengonsumsi Kopi yang Menyehatkan

Efek samping mengonsumsi kopi adalah membuat tubuh menjadi dehidrasi, kepala pusing dan asam lambung naik. Untuk mencegah efek samping mengonsumsi kopi saat berpuasa, beriku cara mengonsumsi kopi yang menyehatkan:

1. Minum Air Putih Terlebih Dahulu

Saat bangun tidur, konsumsilah 1 gelas air putih yang setara dengan 250ml air untuk mencegah tubuh dehidrasi. Kemudian konsumsi kopi dan lanjutkan dengan mengonsumsi segelas air putih setelahnya.

2. Jangan Menggunakan Gula

Agar lebih menyehatkan, mencegah diabetes dan mencegah asam lambung naik, hindari mengonsumsi kopi dengan pemanis buatan atau takaran gula yang terlalu banyak. Kamu bisa mengonsumsi kopi dengan gula yang rendah kalori.

3. Gunakan Bubuk Kopi Asli

Ada banyak jenis kopi yang dijual dipasaran. Lebih baik belilah kopi bubuk yang terbuat dari biji kopi asli, bukan kopi instan dalam sachet yang sudah tercampur dengan gula tambahan.

4. Tambahkan Rempah-Rempah

Untuk membuat rasa kopi lebih enak dan menyehatkan, kamu bisa mencampurkan rempah-rempah seperti kayu manis, jahe pala dan cengkeh. Rempah-rempah tersebut juga bisa dijadikan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

5. Gunakan Susu Nabati

Untuk menambahkan rasa manis pada kopi, kamu bisa menggunakan susu nabati yang terbuat dari kedelai, oatmeal atau kurma. Hindari menggunakan susu sapi, karena bisa meningkatkan kadar asam dan gula di dalam tubuh.

Loading
Artikel Selanjutnya
1000 Gelas Madu Manuka untuk Dukung Ibadah Puasa Tenaga Kesehatan di Wisma Atlet
Artikel Selanjutnya
6 Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh