Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Minyak Serai yang Bisa Melegakan Pernapasan

Fimela.com, Jakarta Serai adalah tanaman tradisional atau tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biasanya serai dijadikan sebagai penyedap masakan Indonesia, yang menciptakan rasa masakan menjadi lezat dan membuat aroma masakan lebih sedap.

Tak hanya bisa dijadikan penyedap rasa saja. Serai juga bisa diolah menjadi teh, pengharum ruangan dan minyak pijat. Karena tanaman serai memiliki aroma yang menenangkan dan bisa mengatasi masalah kesehatan.

Minyak serai sangat terkenal untuk digunakan secara topikal atau dioleskan di kulit. Minyak serai ini terbuat dari daun dan batang serai yang di ekstraksi, yang dipadukan dengan aroma jeruk yang kuat.

Minyak serai tidak boleh dikonsumsi secara langsung. Untuk pengobatan dalam, biasanya orang akan mengonsumsi teh serai. Untuk mengetahui manfaat dari minyak serai ini, berikut manfaatnya.

Manfaat Minyak Serai

1. Mengatasi Infeksi Bakteri

Manfaat minyak serai yang pertama, adalah membantu mengatasi infeksi bakteri dan jamur, pada kulit yang terluka. Sehingga kulit yang terluka tidak terinfeksi dan luka cepat menutup. Bahkan minyak ini juga bisa mengatasi kurap.

2. Mencegah Varises

Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena, yang biasanya muncul di area tungkai dan betis. Varises ini disebabkan oleh darah yang menggumbal di dalam pembuluh darah. Mengoleskan minyak serai di area tersebut, bisa membantu peredaran darah dan mencegah varises.

3. Mengatasi Nyeri Sendi

Minyak serai bisa dioleskan di area persendian. Dengan gerakan memijat yang benar, sifat antiinflamasi dari minyak serai akan membantu mengobati nyeri di area sendi atau mencegah penyakit rheumatoid arthritis.

4. Menyembuhkan Sakit Kepala

Minyak serai memiliki aroma yang bisa menenangkan dan mengandung eugenol. Kandungan ini bisa meningkatkan hormon serotonin, yang bisa meningkatkan suasana hati, sehingga sakit kepala bisa sembuh dan stres menjadi hilang.

5. Menjaga Kualitas Tidur

Orang yang kurang tidur sangat mudah mengalami pusing, tubuh lemah, kantong kepala membesar dan mudah terserang penyakit. Menggunakan minyak tidur sebagai aromaterapi, bisa membantu menjaga kualitas tidur dan mengurangi depresi.

Manfaat Minyak Serai yang Lainnya

Selain berfungsi untuk menjadi minyak pijat, yang bisa mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan, minyak serai juga bisa bermanfaat untuk kecantikan. Berikut manfaat lainnya:

1. Menghilangkan Ketombe

Serai bisa digunakan untuk masker rambut, yang manfaatnya bisa membantu menghilangkan ketombe dan kutu rambut. Caranya dengan mengoleskan minyak serai ke kulit kepala, selama 30menit sebelum keramas, lalu bersihkan hingga bersih.

2. Menghilangkan Bau Badan

Memijat kulit tubuh menggunakan minyak serai, bisa membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Karena bau badan biasanya disebabkan karena keringat yang bercampur dengan bakteri, maka minyak serai berperan sebagai antibakteri yang menghilangkan bakteri penyebab bau badan.

3. Menghilangkan Jerawat

Sifat antibakteri, antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung di dalam serai, bisa membantu mengatasi peradangan jerawat yang muncul di kulit dan mencegah munculnya jerawat baru.

Cara Memilih Minyak Serai

Sebenarnya minyak serai terdiri dari dua macam, yaitu minyak serai yang bisa dijadikan sebagai aromaterapi saja dan ada yang bisa digunakan sebagai minyak pijat. Sehingga jangan salah untuk memilih minyak serai ini.

Cara pertama untuk memilih minyak serai adalah memilih sesuai dengan kegunaannya. Kalau kamu butuh untuk memijat badan dan menyembuhkan masalah kulit, kamu bisa menggunakan minyak serai yang gosok. Sedangkan untuk menghilangkan stres, menjaga kualitas tidur dan mengharumkan ruangan, kamu bisa menggunakan minyak serai yang aromaterapi.

Cara yang kedua adalah pilih berdasarkan aroma kesukaan. Karena minyak serai murni ini terbuat dari sulingan batang serai, jadi aroma kuatnya tergantung dari proses penyulingan dan campurannya. Jadi pilihlah minyak serai yang campurannya sesuai dengan yang kamu sukai.

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah
Artikel Selanjutnya
9 Makanan yang Harus Dihindari Karena Sebabkan Bau Mulut