Sukses

Lifestyle

6 Menu Buka Puasa Ramadan dari Berbagai Belahan Dunia

Fimela.com, Jakarta Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalendar Islam, di mana umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga senja. Selama waktu ini, umat muslim pantang makan dan minum. Namun, bulan ini bukan hanya tentang tidak makan atau minum. Ini tentang pengendalian diri, memperbaiki karakter batin dan berempati dengan mereka yang kurang beruntung. Tapi setiap negara di belahan dunia punya tradisi masing-masing baik itu soal cara merayakannya atau menu berbuka yang cocok untuk disantap saat Ramadan. 

Berbuka puasa saat matahari terbenam dengan adzan maghrib, dan santapan ini dikenal dengan nama buka puasa. Makan malam buka puasa adalah bagian penting dari Ramadan. Keluarga, teman, tetangga, bahkan orang asing berkumpul untuk berbuka puasa dan menikmati makanan lezat dan beraroma. Makanannya bervariasi antara budaya yang berbeda dan berkontribusi pada kekayaan dan keunikan makanan ini. Dilansir dari spoonuniversity.com, ini adalah beberapa menu buka puasa dari berbagai belahan dunia. 

Kurma 

Secara tradisional, puasa dibatalkan dengan buah kurma. Kurma kaya akan gula dan memberikan dorongan energi yang baik setelah seharian berpuasa. Kurma menjadi andalan di setiap pemandangan meja Ramadan. Lihat beberapa pemandangan meja buka puasa yang lebih estetis di sini.

Samosa 

Diisi dengan daging atau sayuran cincang, adonan goreng ini adalah makanan pokok Ramadan di Pakistan, India dan Bangladesh. Ini sering disajikan dengan saus chutney mint.

Sambusas 

Jadi ini pada dasarnya sama dengan samosa tetapi mereka memiliki lapisan adonan yang lebih tipis daripada samosa. Kelezatan ini biasa terjadi di Timur Tengah dan Afrika.

 

Fruit Chaat

Hidangan ini terbuat dari berbagai buah-buahan seperti pisang, apel, stroberi, anggur, dan pada dasarnya buah-buahan lain yang kamu inginkan. Tapi yang memberi nama hidangan ini adalah chaat masala klasik yang ditambahkan ke atas semuanya.

Kolak

Kolak adalah makanan penutup khas Indonesia yang sangat populer selama bulan Ramadan. Ini terdiri dari santan, gula aren, dan daun pandan. Selain itu pisang, nangka, mutiara tapioka dan bahan lainnya bisa ditambahkan ke hidangan ini.

Kanafeh 

Kanafeh adalah makanan penutup Timur Tengah klasik. Kue keju ini direndam dalam sirup gula manis. Kanafeh untuk makanan penutup terbuat dari mi tipis dan dihiasi dengan pistachio.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran