Sukses

Lifestyle

Waspada, Ini 5 Jenis Makanan yang Berbahaya Jika Tidak Diolah dengan Tepat

Pengolahan makanan merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kandungan nutrisi pada makanan. Ketika salah mengolah makanan, maka hal yang kita harapkan tak dapat diperoleh.

Pada sejumlah makanan sehat seperti buah dan sayur, pengolahan ini cukup penting untuk menjaga kandungan nutrisinya. Salah mengolah tidak hanya menyebabkan kandungan nutrisi melayang namun juga racun datang.

Sejumlah makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata menyimpan racun jika salah diolah. Dilansir dari Merdeka.com, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 jenis makanan yang berbahaya jika tidak diolah dengan tepat. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

 

Buah Ceri

Ceri adalah salah satu buah yang dapat dinikmati dalam berbagai olahan. Walau begitu, ceri ternyata menyimpan racun berbahaya dalam biji buahnya. Saat mengonsumsi buah merah ini, usahakan untuk tidak menggigit atau mengunyah biji kecil yang terdapat di tengah buah.

Pasalnya, biji ceri mengandung hidrogen sianida. Menelan sedikit saja racun ini dapat menyebabkan kepala menjadi pusing dan juga muntah. Dalam jumlah yang cukup banyak, racun ceri tersebut dapat menyebabkan seseorang kesulitan bernapas, meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, gagal ginjal, koma dan bahkan kematian.

Kentang

Kentang mengandung racun dalam batang, daun dan juga umbi kentang. Kentang akan menjadi beracun saat dibiarkan hingga menghijau. Hal ini terjadi karena kentang yang berwarna hijau mengandung racun glycoalkaloid dalam jumlah yang tinggi.

Keracunan yang disebabkan oleh kentang memang jarang terjadi, namun racun tersebut bisa berujung kematian. Kematian karena racun kentang biasanya terjadi munculnya gejala seperti lemas, dan kebingungan yang disertai koma.

Tomat

Daun dan batang tanaman tomat mengandung bahan kimia yang disebut glycoalkaloid, yang juga bisa ditemukan pada kentang. Racun ini menyebabkan seseorang menjadi gugup dan bingung serta gangguan perut yang ekstrem.

Meskipun daun tangkai buah tomat membuat masakan menjadi lezat, tetapi kamu harus menyingkirkannya sebelum mengonsumsinya. Memasak tomat bersama daun tangkai yang menempel di kepala buah sangat tak dianjurkan karena mengandung racun.

Buah Apel

Apel memang menyehatkan dan memiliki rasa yang lezat. Namun, pastikan untuk menyingkirkan bijinya sebelum mengonsumsi buah ini.

Biji apel ternyata memiliki kandungan racun sianida yang mematikan. Dalam jumlah sedikit, hal ini memang tak bakal berbahaya, namun dalam jumlah besar, biji apel ini bisa berbahaya.

Kacang Merah

Kidney bean adalah salah satu jenis kacang merah yang memiliki ukuran yang cukup besar. Jenis kacang ini biasanya ditemui dalam bentuk kering dan kalengan. Meskipun mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi kacang ini juga bisa menjadi racun yang tak terduga.

Penyebab utamanya adalah racun yang disebut dengan phytohaemagglutinin atau lektin kacang merah. Ini merupakan protein berbasis gula (glikoprotein) yang ditemukan dalam berbagai jenis kacang-kacangan.

Racun ini akan berefek mematikan jika dimasak terlalu lama atau terlalu matang. Oleh karena itu, kacang merah yang terlalu matang jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan kacang merah mentah.

Sejumlah bahaya tersebut dapat mengancam jika kamu salah dalam mengolah makanan. Oleh karena itu, cari info yang memadai terlebih dahulu tentang makanan yang hendak kamu masak agar terhindar dari bahaya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menilik Karakter Perempuan dengan Zodiak Gemini
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Kata-kata Sabar dan Ikhlas agar Hati Tenang dan Damai