Sukses

Lifestyle

Korea Selatan Sukses Tangani Korea, Dubes Indonesia Beberkan Caranya

Fimela.com, Jakarta Hingga saat ini, penyebaran virus corona masih belum usai. Bahkan penularan di sejumlah negara terbilang tinggi. Seiring pandemi yang berlangsung, sejumlah negara berhasil mengatasi pandemi dengan cepat, salah satunya Korea Selatan. Umar Hadi, Dubes Indonesia untuk Korea mengungkapkan cara pemerintah Korea atasi virus corona di negara tersebut. Selain karena tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah yang cukup tinggi, Korea juga selalu memberikan antisipasi pada masyarakan bahwa penularannya akan semakin tinggi dan tersedianya fasilitas tes gratis membuat virus lebih mudah tertangani. 

Dikutip dari metro.co.uk, Menurut Pusat Pengendalian & Pencegahan Penyakit Korea, di daerah Goyang fasilitas ini sementara dilakukan di tempat-tempat parkir. Dalam hal ini pengemudi tidak perlu keluar dari mobilnya, sementara staf medis hanya memeriksa napas pasien dengan mencodongkan tubuhnya dari dalam mobil.

Terbosan tersebut dianggap cukup membantu karena masyarakat hanya perlu lengkap dengan masker ke lokasi dengan menggunakan mobil. Kemudian tes akan dilakukan dengan rontgen dada dan mengukur suhu tubuh.

Indonesia merencanakan sejumlah langkah

Korea dinilai cukup tangga dalam menangani pandemi virus corona yang terjadi. Korea Selatan telah menguji total 66.652 orang untuk virus coronavirus COVID-19 pada 4 p.m. waktu setempat Kamis (27/2/2020), sedangkan Jepang hanya mengetes sekitar sekitar 1.890 tes dan AS hanya 445.

Perbedaan besar dibandingkan dengan negara lain mencerminkan seberapa cepat Korea Selatan mampu mendeteksi kasus corona. Lebih dari 10.000 orang setiap hari sedang diuji karena pemerintah  khawatir bahwa virus dapat menyebar di luar wilayah Daegu. Sejauh ini Korea melakukan tes di 79 pusat kesehatan yang ditunjuk, baik  rumah sakit swasta maupun laboratorium kesehatan masyarakat di seluruh negeri.

Mengingat Indonesia yang masih dihadapi dengan lonjakan kasus yang tinggi setiap harinya, Deby Anrul Ichdan selaku Ahli Utama Kepresidenan menyatakan jika pihak Indonesia masih merencanakan sejumlah langkah untuk menanggulangi Covid-19. 

 

 

 

 

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading