Sukses

Lifestyle

Begini Awal Mula 5 Variasi Es Krim Populer Dunia Tercipta Dan Penyebarannya

Fimela.com, Jakarta Mulai dari meningkatkan mood, melepas rasa gerah, atau sebagai pencuci mulut, es krim adalah salah satu kudapan yang sulit buat ditolak. Rasa manis dan sensasi dingin yang dimilikinya membuat es krim memiliki popularitas yang tinggi di dunia.

Beragam variasi menu es krim yang mendunia mulai dari ice cream sandwich hingga affogato, variasi menu es krim ini bisa dinikmati hingga saat ini seiring dengan banyaknya penikmat. Namun tahukah kamu bagaimana variasi es krim nan lezat ini tercipta? Cari tahu yuk!

Ice Cream Sandwich

Kudapan yang satu ini sempat populer di media 2016 di Malaysia dan Singapura. Namun, es krim yang satu ini sudah diciptakan sejak tahun 1800-an loh.

Beberapa sumber mencatat jika Ice Cream Sandwich pertama kali dijual di New York dengan nama Hokey Pokey. Namun saat itu belum menggunakan roti atau biskuit sebagai sandwich melainkan menggunakan sponge cake yang lembut.

Saat ini bisa ditemukan banyak sekali penjual es krim sandwich di tempat jajanan maupun di minimarket dekat rumah salah satunya seperti AICE Red Bean Sandwich. 

Affogato

Nongkrong di coffee shop nggak melulu cuma memesan cappuccino atau cafe latte. Salah satu menu yang jadi favorit dan bisa dipesan siapa saja termasuk mereka yang nggak terlalu suka kopi adalah affogato.

Affogato diambil dari bahasa Italia yang berarti tenggelam. Tenggelam di sini dimaksudkan sebagai satu scoop es krim yang tenggelam setelah dicampur dengan espresso. Belum ada kejelasan sejak kapan affogato tercipta di Italia, namun kosakata affogato sendiri telah masuk dalam kamus berbahasa Inggris secara resmi pada tahun 1992.

Ice Cream Cone

Salah satu ketidaksengajaan yang berbuah manis adalah hadirnya cone es krim yang gurih dan renyah. Kerucut yang menjadi pelengkap sempurna dari es krim ini telah ditemukan lebih dari seabad lalu di Amerika Serikat.

Penemuan ini dimulai pada tahun 1896 oleh Italo Marchiony. Kemudian penemuan ini diadopsi oleh Ernest A. Hamwi pada 1904 dalam pameran St. Louis World’s Fair. Saat itu, es krim menjadi kudapan favorit hingga membuat Hamwi kehabisan piring. Nggak kehabisan akal, dia menggulung wafel hingga berbentuk kerucut dan dijadikan sebagai pengganti wadah dari es krim. Di Indonesia, kamu bisa menemukan penjual es krim cone di mulai dari pedagang keliling, toko kelontong hingga rumah makan siap saji. Es krim cone sudah menyebar menjadi salah satu pilihan varian es krim yang paling disukai.

Es Loli

Satu lagi kudapan lezat yang ditemukan secara nggak sengaja. Es loli atau es lilin ditemukan tanpa kesengajaan oleh anak berusia 11 tahun bernama Frank W. Epperson yang berasal dari Oakland, California. Pada tahun 1905, Frank membiarkan minuman soda berada di teras rumahnya sepanjang malam. Keesokan harinya, ia terkejut lantaran es tersebut membeku dengan pengaduk yang menempel di dalamnya. Dengan bentuknya yang menarik, minuman tersebut menjadi es loli dan populer hingga sekarang.

Pada masa kini, bentuk da nisi dari es loli semakin beragam. Mulai dari rasa buah hingga yang terbuat dari es krim berlapis cokelat. Bahkan dengan banyaknya variasi es krim pun nggak bisa mengalahkan es loli yang bisa menjadi mood booster di segala aktivitas. Lewat sifat es krim yang menyenagkan inilah membuat AICE terus menjadi pelopor es krim berkat inovasi serta selalu menjadi pioneer dalam menghadirkan varian rasa lewat tagline #YangPertamaSelaluDariAICE.

Mochi Ice Cream

Crossover dalam menciptakan es krim semakin menghasilkan produk yang lezat seiring dengan banyaknya penikmat kudapan dingin ini di seluruh dunia. Salah satunya adalah Mochi es krim yang tercipa pada tahun 1990an oleh Frances Hashimoto. Ia adalah seorang imigran Jepang yang menetap di Amerika. Dengan mengombinasikan kue mocha khas Jepang dengan es krim, variasi menu ini sukses jadi idola baru di Amerika Serikat.

Dalam pembuatan, mochi es krim bisa dibilang sangat susah dan diperlukan teknik khusus terutama pada bagian lapisan kulit luar. Pembuatan tradisional hanya bisa dilakukan oleh profesional dan memiliki tenaga ekstra. Bahan baku berupa beras ketan akan dipukul dengan palu khusus hingga adonan mocha menjadi kenyal. Menariknya, proses ini harus dilakukan secara berulang oleh lebih dari satu orang. Kini, sudah banyak ditemukan es krim mochi yang dijual di Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Aice Indonesia (@aiceindonesia)

Salah satu yang populer sekaligus menjadi pioneer di Indonesia adalah es krim AICE Mochi. Terkenal dengan kulit mochi yang kenyalnya pas, AICE Mochi dibuat dari pukulan ribuan kali, hingga akhirnya dikombinasikan dengan es krim lembut yang lumer di mulut. Varian rasanya juga menarik banget, mulai dari Vanilla, Chocolate, Strawberry, Red Bean, dan Durian. AICE Mochi juga salah satu varian yang ikut dalam program Jagoan Sehat Bawa Hadiah Besar. Kamu bisa mendapatkan 1 pcs masker karakter limited edition dan juga kartu hologram berhadiah jika membeli 1 Mochi Asorted 10 pcs. Untuk mendapatkan koleksi kartu Jagoan Sehat yang terdapat informasi protokol kesehatan, kamu cukup membeli 1 pcs AICE Mochi diwarung terdekat.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Aice Indonesia (@aiceindonesia)

Nah, biar kamu nggak ketinggalan informasi atau promo menarik dari AICE, yuk kepoin akun Instagram @AiceIndonesia dan Tiktoknya di @AiceIndonesiaOfficial. Buruan ikutan Jagoan Sehat Bawa Kejutan Hadiah Besar dari AICE, terapkan protokol kesehatannya dan bawa pulang semua hadiah besar nan istimewa cuma dari AICE. Jangan sampai ketinggalan ya!

Loading
Artikel Selanjutnya
Melihat Lebih Dekat Koleksi Berlian Cantik Frank & co yang Jadi Simbol Harapan Masa Depan
Artikel Selanjutnya
5 Momen Spesial yang Wajib Dirayakan dalam Hidup Perempuan