Sukses

Lifestyle

Mengenal Fenomena Gerhana Matahari Cincin 10 Juni Beserta Mitosnya

Sahabat Fimela, Gerhana Matahari Cincin atau annular solar eclipse pertama tahun ini akan terjadi pada 10 Juni. Berdasarkan informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), gerhana Matahari cincin ini terjadi bersama dengan fase Bulan Baru.

LAPAN menyebut gerhana Matahari cincin ini hanya dapat disaksiksan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada), termasuk kawasan Siberia (Rusia) dan wilayah Indonesia tidak dapat menyaksikan fenomena alam ini. Adapun ketampakan maksimum akan terjadi pada pukul 17:43:05 WIB/ 18:43:05 WITA/ 19:43:05 WIT.

Beberapa wilayah seperti Amerika Serikat, Eropa, Asia Selatan, dan Greenland juga dapat menyaksikan gerhana Matahari cincin secara sebagian. Lantas, bagaimana dengan Indonesia yang tidak bisa melihatnya langsung?

Seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (10/6/2021), sebenarnya ada beberapa akun YouTube yang akan menyiarkan secara langsung fenomena gerhana Matahari cincin ini, sehingga orang-orang yang tidak bisa melihat peristiwa tersebut karena alasan geografis masih dimungkinkan.

Cara Melihat Gerhana Matahari Cincin

Nah, apa saja kanal YouTube yang akan menyiarkan peristiwa tersebut? Berikut ini daftarnya.

Virtual Telescope Project

Virtual Telescope Project yang berbasis dekat Roma akan menggelar live streaming fenomena gerhana Matahari cincin dengan sejumlah partisipan international yang berasal dari Kanada.

NASA

NASA juga akan menggelar live streaming yang menampilkan peristiwa gerhana Matahari sebagian. Adapun NASA mengingatkan siaran langsung ini juga akan bergantung dengan cuaca nantinya.

TimeandDate.com

TimeandDate.com akan melakukan siaran langsung peristiwa gerhana Matahari cincin ini di kanal YouTube miliknya. Selain itu, di situs webnya ada sejumlah rekanan dalam siaran langsung nanti yang berasal dari luar Amerika Serikat dan Kanada.

Royal Observatory Greenwich

Buat kamu yang berada di Inggris, ada Royal Museums Greenwich yang menggelar siaran langsung dari Royal Observatory Greenwich.

"Ahli astronomi kami akan membantu menjelaskan peristiwa gerhana Matahari dan membantu menjawab semua pertanyaanmu," tulis Royal Observatory Greenwich dalam pernyataannya.

Mitos Gerhana Matahari Cincin

Ada banyak mitos yang berkembang ditengah masyarakat mengenai peristiwa atau fenomena gerhana matahari cincin. Sebagian besar mitos tersebut menghubungkan fenomena alam ini dengan sesuatu yang bersifat gaib. Hal ini menyebabkan ketakutan dan timbulnya prasangka dengan sesuatu buruk yang bisa terjadi akibat kemunculannya. Berikut 5 mitos tentang gerhana matahari cincin yang berasal dari berbagai negara di dunia:

  • Pertama, legenda dari China percaya bahwa fenomena gerhana matahari cincin merupakan kejadian dimana naga langit memakan matahari. Menurut cerita,masyarakat China kuno pun membunyikan berbagai barang agar naga itu kabur. Sebagai catatan, China sendiri telah mencatat fenomena gerhana matahari sejak 4.000 tahun lalu.
  • Kedua, menurut mitologi Hindu, fenomena gerhana matahari cincin terjadi karena ada kepala tanpa tubuh yang ingin memakan matahari. Kepala tersebut milik iblis Rahu yang mencuri ramuan keabadian. Matahari dan bulan melihat tindakan Rahu dan melaporkannya pada Dewa Wisnu. Akhirnya Wisnu memenggal kepalanya. Akibat kesal Rahu terus mengejar matahari dan bulan untuk dimakan.
  • Ketiga, mitos yang paling populer ini percaya bahwa fenomena ini terjadi karena matahari dimakan oleh hewan. Merujuk pada legenda Choctaw yang menyebut ada tupai hitam yang ingin memakan mathara. Smithsonian juga menyebut ada legenda yang menyebut  Kelelawar Abadi atau Jaguar Langit yang memakan matahari sebagai pertanda akhir dunia. Legenda tersebut berasal dari masyarakat Apapocuve-Guran di Paraguay Timur dan Brasil Utara.
  • Keempat, mitos ini berasal dari penyair Yunani Kuno bernama Arkhilokhos dari abad 7 SM yang berkata gerhana matahari merupakan teror dari Dewa Zeus. Gerhana tersebut pernah terjadi di Pulau Paros, Yunani dan akhirnya pulau tersebut kini menjadi tujuan wisata yang populer.
  • Kelima, mitos ini datang dari Togo dan Benin yang meyakini bahwa fenomena alam ini terjadi karena matahari dan bulan sedang berkelahi. Legenda yang berasal dari masyarakat Batammaliba ini pun berharap bahwa matahari dan bulan berhenti bertikai. Akhirnya, masyarakat setempat memaknai fenomena ini untuk saling bermaafan.

Bagaimana, tertarik untuk melihat fenomena gerhana matahari cincin ini?

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu yang Perlu Diketahui
Artikel Selanjutnya
7 Cara Mewarnai Rambut Anti Gagal dan Rekomendasinya